loading...

6 Faktor Yang Membuat Kuota Internet HP Cepat Habis

Ristizona.com - Memang di era saat ini kita tidak bisa lepas dengan yang namanya internet, munculnya smartphone murah menjadi salah satu faktor tumbuh pesatnya internet di indonesia dan tidak hanya itu, beberapa faktor sosial media juga banyak bermunculan dan ini menarik banyak user untuk memanfaatkan jejaring sosial tersebut.

Pada smartphone kita, untuk terhubung dengan internet, kita membutuhkan yang namanya kuota. Beberapa vendor lokal seperti Telkomsel, Indosat, Xl dll berlomba-lomba dalam memuaskan para konsumennya lewat kecepatan dan kuota berlimpah dan harga yang ramah di kantong. Namun meskipun kuota berlimpah namun jika kita tidak teliti dan mengoptimasi sistem pada smartphone kita, kuota kita akan cepat habis tanpa sepengetahuan kita, karena ada beberapa aplikasi yang berjalan yang menyedot kuota anda di saat paketan internet anda aktif.

kuota habis

Berikut kami berikan tipsnya untuk menghemat kuota paketan internet pada Hp anda:

Hindari Membuka Video di Youtube

Faktor yang satu ini paling cepat menguras kuota internet anda, namun jika terpaksa, lakukan setting pada youtube dengan cara memilih resolusi video ke yang paling rendah, karena apabila anda streaming video dengan kualitas HD satu menit tampilan video akan menyedot kuota anda sekitar 200 MB.

Mengobrol Panggilan Video

Melakukan panggilan lewat video memang menyenangkan karena kita bisa melihat langsung lawan bicara kita, namun asal anda tahu, untuk melakukan panggilan video kita membutuhkan banyak bandwidth dengan ukuran yang berbeda-beda tergantung resolusi apa yang kita pakai.

Memainkan Game Online

Aktifitas yang satu ini juga bisa menjadi salah satu faktor yang bisa menyedot kuota internet anda. Memang keberadaan game online saat ini tengah populer di kalangan anak muda. Seperti game Clash Of Clan, Lets Get Rich Dll.

Setting Opera atau Aplikasi Internet

Untuk lebih hemat kuota anda bisa mensetting aplikasi internet pada hp anda seperti, Opera, Mozilla, atau Crome, laukan setting dengan cara mengubah ukuran gambar yang di tampilkan menjadi kualitas low/rendah dan mensetting font dengan kualitas kecil. Hal ini dilakukan karena untuk menampilkan gambar hasil web dengan kualitas tinggi membutuhkan jumlah ukuran kb semakin besar.

Setting Tampilan dan Widget HP

Matikan tampilan widget seperti informasi mengenai cuaca, pasar berita dll yang ada di layar home pada hp anda, karena tanpa anda sadari hp anda akan menggunakan koneksi internet anda secara langsung tiap menit.

Streaming Musik / Radio Online

Memang dengan mendengar musik secara online kita lebih mudah, karena tinggal mencari musik yang kita inginkan langsung bisa di dengar dan tidak hanya itu, kita tidak memerlukan ruang penyimpanan yang besar untuk menyimpan musik. Namun untuk mendengar musik tersebut kita akan kehilangan 2,4 MB per menit jika mendengarkan musik dengan kualitas 320kbps.