loading...

4 Manfaat dan Khasiat Kayu Manis Yang Wajib Anda Ketahui

Ristizona.com - Banyak yang belum mengetahui apa kegunaan dari bahan yang satu ini, melalui beberapa penelitian kayu manis ternyata selain sebagai penyedap makanan, kayu manis juga mengandung senyawa yang bisa berguna untuk menjaga kesehatan. Tentu hal ini akan membuat senang karena selain aromanya yang sedap, kayu manis juga mempunyai citra kas rasa tersendiri saat di campur dengan makanan. Berikut kami berikan 4 manfaat mengkonsumsi kayu manis yang wajib anda ketahui.

Kegunaan Kayu Manis

Menghilangkan Virus Dalam Tubuh

Hal ini di buktikan dari sebuah penelitian yang di lakukan oleh tim dari Touro College, mereka mengungkapkan jika kita sering mengkonsumsi kayu manis, virus yang ada dalam tubuh kita akan mati. Selain itu beberapa penelitian yang di tampilkan pada saat acara American Society for Microbiology Annual Meeting juga membuktikan jika apabila memasukan 10% ekstrak kayu manis pada makanan, akan efektif menghilangkan virus baik yang ada pada hewan maupun pada manusia dalam jangka waktu 10 menit.

Mencegah Kanker Usus

Ternyata senyawa yang ada pada kayu manis yang membuat warna coklat dan wangi khas mengandung senyawa yang disebut (cinnamaldehyde) hal ini memungkinkan senyawa tersebut bisa menjauhkan usus kita dari kanker, menurut jurnal Cancer Prevention Mei 2015. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang di lakukan oleh University of Arizona College of Pharmacy yang saat itu melakukan pengujian pada tikus yang di berikan cinnamaldehyde yang hasilnya tikus itu bisa melindungi dirinya dari karsinogen. Penelitian selanjutnya akan dilakukan pada manusia, kita tunggu bagaimanakah hasilnya.

Mengurangi Kram Pada Perut Saat Haid

Hal ini memang sangat di benci oleh kaum hawa, diamana terjadi kram pada perut saat datang bulan tiba. Ilam University of Medical Sciences di Iran melakukan beberapa pengujian terhadap remaja perempuan yang di beri kayu manis, pengujian tersebut menghasilkan berkurangnya rasa sakit pada perut mereka yang sudah mengkonsumsi plasebo.

Meningkatkan Daya Ingat

Kayu manis memang terbukti meningkatkan kemampuan memori pada otak, seperti yang di kutip pada Journal of Basic and Clinical Physiology and Pharmacology, di situ di buktikan jika tikus yang sedang mengalami dementia dan setelah di berikan beberapa dosis Cinnamomum zeylanicum (zat yang berasal dari kayu manis) tikus yang di berikan dosis terbanyak mengalami kemampuan daya ingat yang baik dan tetap bisa bertahan di labirin air dan mempunyai kemampuan pengenalan yang lebih baik pada beberapa obyek yang dites.