Makan Keju Dapat Mencegah Gigi Berlubang

Makan Keju Dapat Mencegah Gigi Berlubang

Ristizona.com - Hal ini terungkap berkat penelitian yang dilakukan oleh Academy of General Dentistry (AGD). AGD mengambil sampel 68 siswa berumur 12-15 tahun untuk melihat tingkat pH (asam yang diproduksi gigi) serta plak gigi sebelum dan setelah mereka mengkonsumsi keju, susu, dan yogurt bebas gula.

Dalam penelitian itu, grup pertama diinstruksikan untuk makan keju cheddar, grup ke-2 minum susu, dan grup ketiga untuk makan yogurt bebas gula. Peneliti lantas mengukur tingkat ph mulut tiap-tiap subyek pada 10, 20, serta 30 menit sesudah mengkonsumsi makanan tersebut. Tingkat pH lebih rendah dari 5,5 menempatkan seseorang pada risiko erosi gigi. Semakin tinggi tingkat pH, maka semakin rendah kemungkinan seseorang memiliki gigi berlubang.

Grup yang mengkonsumsi susu dan yogurt bebas gula ternyata tidak mengalami perubahan tingkat pH dalam mulut mereka. Sebaliknya, grup yang makan keju, menunjukkan peningkatan pesat kadar pH pada setiap interval waktu.

Studi ini menunjukkan bahwa tingkat pH naik dari kelompok yang makan keju, peneliti memperkirakan mungkin terjadi karena meningkatnya produksi air liur yang menjadi cara alami mulut untuk mempertahankan tingkat keasaman pada saat mengunyah. Selain itu, berbagai senyawa yang ditemukan dalam keju dapat membantu melindungi gigi dari asam yang bisa mengakibatkan rusaknya gigi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi keju dan produk olahan susu lainnya dapat membantu menjaga kesehatan tulang, seperti mencegah gigi berlubang.