Phablet - Gabungan Smartphone dan Tablet

Ristizona.com - Apakah kamu baru mendengar nama Phablet? memang seperti apa sih Phablet itu? nah kali ini ristizona akan sedikit memberikan informasinya.

Kata phablet pertama kali disebutkan dalam situs teknologi Engadget dan juga Forbes. merupakan istilah yang biasa dipakai untuk menggambarkan gadget yang mengkombinasikan kemampuan yang dimiliki oleh smartphone dan tablet. Seperti mempunyai fitur yang dimiliki oleh smartphone seperti voice calling. Ukuran body Phablet biasanya lebih besar dari smartphone tapi lebih kecil dari tablet. Pada layar ukurannya dapat bervariasi antara 5 sampai 7 inchi.

Galaxy Note
Galaxy Note (image: samsung.com)

Beberapa ciri yang dimiliki phablet ( meskipun tidak mutlak ) yakni adanya stylus pen, alat yang bisa digunakan untuk membuat sketsa atau menulis sesuatu pada phablet. Gadget yang pertama kali diakui sebagai phablet adalah Dell Streak yang dirilis pada tahun 2010-an. contoh phablet lain yang sekarang beredar di pasaran antara lain Samsung Galaxy Note 3, Asus Fonepad, LG Optimus Vu Panasonic Eluga Power, Axioo pico pad dsb.

Harga Pablet
Harga Pablet saat ini cukup mahal untuk sebagian orang. Pablet terbaru biasanya di banderol dikisaran harga 3 juta hingga 7 jutaan tergantung merek dan spesifikasinya.

Semoga informasi mengenai phablet dapat menambah wawasan akan dunia gadget. Tunggu berita seputar gadget berikutnya.