Studi: Laki-Laki Akan Punah 5 Juta Tahun Mendatang

Ristizona.com - Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan asal Canberra, Australia memperoleh hasil jika laki-laki akan punah dalam kurun waktu lima juta tahun yang kan datang. Profesor Jenny Graves menjelaskan hasil teorinya jika gen di dalam kromosom Y dalam tubuh pria secara perlahan dan bertahap mengalami penurunan. Hal ini berarti jika kaum laki-laki akan perlahan-lahan punah di masa depan.

Kromosom Y Pada Pria
Kromosom Y (Image:Google)
Seorang laki-laki memiliki dua kromosom yaitu X dan Y, Sedangkan perempuan memiliki dua kromosom X. laki-laki dan perempuan sebenarnya mempunyai gen yang identik ketika pertama kali manusia berevolusi dari kera, yaitu sekitar 1.000 gen.

Seiring berjalannya waktu, jumlah gen yang ada dalam kromosom Y mengalami penurunan hingga ke jumlah dua digit.

Menurut penelitian, Jumalah kromosom perempuan X bisa bertahan meskipun sudah mengalami kerusakan, Kromosom perempuan X mampu untuk saling bekerja sama dalam proses perbaikan pada kromosom.

Berbeda dengan laki-laki yang sangat sulit untuk memperbaiki kesalahan genetik dan meminimalisasi kerusakan gen.

''300 Juta tahun yang lalu, Kromosom Y mempunyai sekitar 1.400 gen, namun sekarang hanya mempunyai 45 gen saja. Jadi dengan melihat data yang sudah ada, Diperkirakan sekitar lima juta tahun kedepan kromosom laki-laki Y akan punah. " ujar Profesor Graves, seperti dikutip dari IBtimes.

"Kromosom Y hanya 'sendirian' di dalam tubuh laki-laki, sedangkan kromosom X dalam tubuh wanita memiliki 'teman' sehingga dapat saling memperbaiki antara satu dan lainnya," tambah Graves.

Gen yang perlahan-lahan terkikis diantaranya adalah gen SRY, Yang akan menentukan jenis kelamin manusia. Ia bahkan menyebutkan jika sisa gen yang ada di dalam kromosom Y itu hanya tinggal ampas atau sampahnya saja.

Bagi kaum laki-laki ini merupakan kabar yang kurang meng'enakan. Tapi jika laki-laki punah, bagaimana nasib manusia di Bumi untuk selanjutnya??