Pengertian dan Cara Shalat Tasbih

Ristizona.com - Shalat sunnat tasbih adalah shalat yang sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada mamaknya yaitu Sayyidina Abbas ibn Abdul Muthalib. Shalat tasbih ini dianjurkan dikerjakan kalau bisa tiap malam, jika tidak bisa setiap malam, maka dikerjakan setidaknya sekali seminggu, jika tidak sanggung dikerjakan sekali seminggu dapat dilakukan sebulan sekali atau setahun sekali dan kalau tidak bisa setahun sekali setidak-tidaknya dikerjakan sekali seumur hidup.

Pengertian dan Cara Shalat Tasbih
  • Jika dikerjakan pada saat malam hari, sebaiknya dikerjakan sebanyak 4 rakaat yang dijadikan 2 salam
  • Jika dikerjakan pada saat siang hari, sebaiknya dikerjakan sebanyak 4 rakaat yang dijadikan 1 salam 
Alasan mengapa shalat ini disebut sebagai shalat tasbih karena dalam mengerjakan shalat ini membaca tasbih yang berjumlah 300 tasbih dalam 4 rakaat.

Cara Shalat Tasbih :

1. Membaca lafadzh niat shalat tasbih
USHALLI SUNNAYAY TASBIIHI RAK'ATAINI LILLAHI TA'AALAA, ALLAHU AKKBAR (Atinya : Aku niat shalat tasbih dua rakaat karena Allah. Allahu Akbar)

2. Membaca do'a iftitah dan surat, setelah itu sebelum rukuk membaca Tasbih sebanyak 15 kali

SUBHANALLAH WAL HAMDULILLAH WALAA ILAHA ILALLAH WA-ALLAHU AKBAR WALAA HAULA WALA QUWWATA ILAH BILLAHIL ‘ALIIYUL ‘ADZIIM

Artinya: Maha suci Allah Yang Maha Esa, segala puji bagi Allah, tidak ada Tuhan selain Allah. Allah Maha Besar dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (kuasa) Allah Yang Maha Luhur lagi Maha Agung)


3. Setelah itu membaca bacaan rukuk, kemudian membaca kembali tasbih seperti diatas sebanyak 10 kali, kemudian dilanjutkan ke i’tidal

4. Setelah selesai membaca tahmid i’tidal, kemudian membaca lagi tasbih sebenyak 10 kali, yang kemudian  sujud.
5. Setelah membaca tasbih sujud, lalu membaca lagi tasbih sebanyak 10 kali, kemudian dilanjutkan duduk diantara dua sujud

6. Selesai duduk diantara dua sujud, kemudian membaca lagi tasbih sebanyak 10 kali, yang disusul sujud kedua.

7. Pada saat sujud kedua setelah selesai membaca bacaan tasbih seperti diatas sebanyak 10 kali, maka  sebelum berdiri rakaat kedua hendaknya duduk istirahah untuk membaca tasbih sebanyak 10 kali.

Itulah rakaat petama shalat tasbih yang berjumlah 75 kali tasbih untuk 1 rakaat, dan jika 75 dikali 4 rakaat sama dengan 300 kali bacaan tasbih. Brikut ini rinciannya :
Ketika berdiri 15 kali tasbih
Ketika selesai bacaan ruku'10 kali tasbih
Ketika selesai bacaan I'tidal 10 kali tasbih
Ketika selesai bacaan sujud 10 kali tasbih
Ketika selesai bacaan diantara dua sujud 10 kali tasbih
Ketika selesai bacaan sujud kedua 10 kali tasbih
Ketika duduk istirahat hendak berdiri 10 kali tasbih
Apabila lupa membaca tasbih di salah satu tempatnya (saatnya), maka bisa digantikan ditempat selanjutnya, agar tetap berjumlah 300 kali membaca tasbih.