Manfaat dan Cara Shalat Istikhoroh

Ristizona.com - Shalat istikhoroh atau istikharah adalah shalat sunnat dua rakaat untuk memohon kepada Allah ketentuan pilihan yang lebih baik diantara dua hal yang belum dapat ditentukan baik buruknya. Yakni apabila seseorang berhajat dan bercita-cita akan mengerjakan sesuatu maksud, sedang ia ragu-ragu dalam pekerjaan atau maksud itu, apakah dilakukan terus atau tidak. Maka untuk memilih salah satu dari dua hal diteruskan atau tidak, disunatkan shalat istikhoroh dua rakaat.

Memang tidaklah mudah dalam menentukan sebuah pilihan yang terbaik buat hidup kita. Banyak sekali orang melakukan shalat istikharah ketika menemukan suatu masalah yang membuat bimbang. Misalnya memilih jodoh, memilih pekerjaan, memilih pendidikan, dll. Jadi buat kamu yang merasa bimbang terhadap suatu masalah tidak ada salahnya jika kita kembalikan kepada Allah dengan mendekatkan diri kepadaNya.
Cara Shalat Istikharah

Cara Shalat Istikhoroh
Shalat istikhoroh dan shalat hajat waktunya lebih utama jika dikerjakan seperti Shalat Tahajud yakni di malam hari dan dikerjakan seperti shalat sunnah biasa. Sesudah shalat dengan sempurna kemudian terus berdo'a dengan do'a istikhoroh dan setelah itu mintakanlah apa-apa yang baik dilaksankan menurut cita-cita dan maksud kita itu. Hendaklah memilih dalam hati mana yang cenderung hati antara dua hal itu. Apa yang yang kuat dalam hati dan mantap dalam hati kita itulah kita laksankan dan yang baik kita perbuat.

Lafazh Niat Shalat Istikharah
USHALLI SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAHITA'AALAA. ALLAHU AKBAR.
Artinya : Aku niat shalat sunat istikharah dua rakaat karena Allah Ta'ala.

Do'a Shalat Istikhoroh
ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA-AS ALUKA MIN FADLLIKAL A'ZHIIMI FA-INNAKA TAQDIRU WALAA AQDIRU, WATA'LAMU WALAA A'LAMU WA ANTA 'ALLAAMUL GHUYUUBI. ALLAHUMMA IN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRA KHAIRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII WA'AAQIBATU AMRII FADIRHU LII WAYASSIRHU LI, TSUMA BAARIK LII FIIHI WAIN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAA SYARRUN LII FII DIINII WAMA'AASYII WA'AAQIBATI AMRII FASHRIFHU 'ANII. FASHRIFNII ANHU WAQDIR LIYALKHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA IRDLINII BIHII.

Artinya : Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuanMu dan hamba memohon dengan kemurahan Tuhan yang Besar Agung. Karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa, sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui bahwa persoalan ini masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dalam agama hamba dan dalam penghidupan hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berikanlah perkara ini bagi hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berilah berkah bagi hamba didalmnya. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui bahwa sesungguhnya hal ini tidak baik bagi hamba dan penghidupan hamba, dan tidak baik akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah hal ini dari pada hamba, dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah kebaikan dimana saja hamba berada, kemudian jadikanlah hamba orang yang rela atas anugerahMu.

Keterangan :
Waktu menyebutkan hal yang dimaksud dalam doa tersebut diatas, hendaklah disebutkan apa yang dimaksud persoalan itu.

Itulah Manfaat dan Cara Shalat Istikhoroh, semoga bermanfaat!