Awas! Makan Nasi Berlebihan Bahayakan Otak

Ristizona.com - Mulai sekarang seimbangkanlah porsi nutrisi di piring makan kamu. Pada otak, makanan yang mengandung karbohidrat justru akan menumpulkan kemampuan otak. Menurut penelitian dari Mayo Clinic di Amerika menunjukan lansia yang menerapkan pola makan tinggi karbohidrat memilika resiko empat kali lebih mungkin mengalami gangguan kognitif ringan.

Otak
Otak (image:Google)

Menurut temuan dalam Jurnal of Alzheimer Disease, makanan berkabohidrat kompleks, seperti: pasta, nasi, roti dan sereal mengandung gula yang memainkan peran dalam perkembangan penyakit kognitif, termasuk Alzheimer. Disisi lain, orang yang makan makanan kaya akan lemak dan protein tinggi seperti, kacang-kacangan, ayam, daging dan ikan justru memiiki resiko rendah mengalami penurunan kognitif.

Asupan tinggi karbohidrat akan mempengaruhi metabolisme insulin dan glukosa. Kadar glukosa yang tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah otak dan memicu perkembangan plak amiloid beta. Peneliti meyakini penumpukan amiloid beta menjadi salah satu penyebabnya.

Wah, kita orang Indonesia harus waspada, mengingat nasi juga berkabohidrat tinggi, apalagi nasi makanan pokok orang Indonesia.