4 Manfaat Mandi Menggunakan Air Dingin

Mandi Air Dingin Menyehatkan

Ristizona.com - Karena dingin, banyak orang telah memilih untuk mandi air hangat, padahal ini justru dapat merugikan tubuh. Mandilah dengan menggunakan air dingin pada pagi hari, di samping segar kita akan merasa lebih sehat. Berikut beberapa manfaat mandi menggunakan air dingin.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Jika air hangat membuat aliran darah menuju kulit, maka air dingin akan mengalirkan darah menuju organ-organ tubuh. Mandi menggunakan air dingin akan lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah, dengan sirkulasi darah yang baik akan dapat menghindarkan dari berbagi macam penyakit serius semacam hipertensi, pengerasan arteri, serta menimbulkan varises. Hal ini dapat di praktikan dengan mandi didahului air hangat dan di akhiri dengan air dingin.

2. Awet muda 

Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidak sempurnaan kulit seperti jerawat. Manfaat lainnya, mandi  menngunakan air dingin adalah dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah yang menyebabkan munculnya lingkar hitam di bawah mata. Dengan begitu, mandi menggunakan air dingin dapat membuat kulit bercahaya, sehat serta awet muda.

3. Rambut Sehat

Air dingin dapat membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula, sehingga menjadikan rambut menjadi lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Dengan menutupnya pori-pori  itu maka akan membuat rambut lebih kuat ketika di sisir, sehingga mencegah kerontokan dan memperlambat tumbuhnya uban.

4. Memberi Semangat Pagi

Pada zaman samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempratekkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian pada tingkat spiritual. Menurut mereka, mandi menggunakan air dingin dapat memberi semangat pada diri kita, membantu memulai hari dan petualangan baru yang lebih segar. Air dingin jelas membantu membangunkan orang-orang yang masih kantuk di pagi hari.

gambar:google.co.id