Tips Memilih Power Bank Berkualitas dan Bagus

Tips Membeli Power Bank Bagus
Ristizona.com - Semakin berkembangnya teknologi seperti saat ini membuat banyak produsen gadget berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik. Memang sudah merupakan tuntutan zaman Gadget yang dulunya tidak secanggih seperti saat ini tapi sekarang sudah sangat canggih. Dengan dilengkapi fitur-fitur yang menawan membuat pengguna dimanja untuk menggunakan gadget yang dipilih. Tetapi apakah Anda sadar bahwa semakin lengkap fitur suatu gadget akan membuat baterai yang dibutuhkan juga semakin besar Sehingga membuat baterai suatu gadget menjadi boros.

Saat ini untuk mengatasi masalah seperti diatas sudah ada solusinya. Power Bank atau yang sering disebut portable charger merupakan sebuah alat yang dapat menyimpan energi yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget dimanapun dan kapanpun. Melihat fungsi Power bank yang sangat penting, banyak pengguna gadget saat ini wajib memiliki salah satu alat yang multifungsi ini.

Memilih dan membeli Power Bank harus benar dan tepat karena power bank yang dipilih harus sesuai dengan  gadget yang akan dipasangkan. Banyak ditemukan gadget menjadi eror atau bahkan rusak ketika menggunakan power bank yang tidak sesuai dengan gadget kita. Oleh karena itu dalam memilih atau membeli Power Bank sebaiknya diperhatikan dahulu spesifikasinya agar sesuai dengan gadget yang akan dipasangkan dengan Power Bank.

Nah berikut ini beberapa Tips Memilih atau Membeli Power Bank yang Berkualitas  :

Tips Memilih Power Bank Bagus1.Perhatikan dan Kenali Gadget Kamu
Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mengenali gadget anda. Sesuaikan dengan power bank yang akan dipilih atau dibeli. Pastikan power bank dapat mengisi baterai gadget anda secara maksimal. Dengan kata lain jangan membeli power bank yang tidak mampu mengisi secara maksimal baterai gadget anda.


2. Kapasitas Power Bank
Setelah mengetahui daya baterai gadget Anda. Selanjutnya adalah memilih power bank yang memiliki kapasitas yang sesuai dengan gadget Anda. Misalnya saja iPhone 4S yang memiliki daya baterai sebesar 1.432 mAh. Berarti sebaiknya membeli Power Bank yang memiliki lebih dari daya baterai gadget Anda. Jadi untuk gadget iPhone 4S minimal membutuhkan powerbank yang memiliki daya 1.432 mAh untuk sekali charge, untuk mengisi ulang baterai paling tidak 2 kali berarti belilah power bank yang memiliki daya minimal 2.864 mAh.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan sebaiknya belilah Power Bank yang memiliki daya sebesar 5600 mAh yang dijual banyak di toko-toko.Sehingga dapat mengisi berulang kali gadget Anda. Tetapi perlu diperhatikan bahwa semakin besar kapasitas daya yang dimiliki oleh Power Bank maka semakin besar pula bentuk Power Bank.

3. Kualitas Power Bank
Kualitas Power Bank tidak hanya dilihat dari seberapa besar daya yang dimiliki tetapi juga seberapa akurat dan cepat dalam mengisi sebuah baterai. Itu semua sangat berpengaruh terhadap gadget Anda. Jika sembarangan dalam memilih kualitas Power Bank malah dapat merusak daya tampung baterai gadget Anda.

4. Fitur Power Bank
Power Bank pada dasarnya memang sebagai portable charger. Tetapi power bank yang berkualitas juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan yang dapat menunjang power bank itu sendiri. Terdapat beberapa fitur yang umumnya dijumpai pada power bank :

  • Proteksi untuk Temperatur Tinggi : memutuskan pengisian jika temperatur baterai dinilai terlalu tinggi
  • Proteksi untuk Overcharge : memutuskan pengisian secara otomatis bila pengisian telah penuh
  • Proteksi untuk arus pendek listrik : memutuskan aliran listrik jika terjadi arus pendek
5. Model atau Bentuk Power Bank
Seperti yang telah dijelaskan pada poin Kapasitas Power Bank. Umumnya semakin besar kapasitas daya yang dimiliki oleh suatu power bank maka semakin besar pula bentuk atau modelnya. Nah hal ini yang mendasari bahwa sebaiknya Anda memilih Power Bank yang memiliki model atau bentuk yang se efisien mungkin artinya kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana tanpa banyak memakan tempat.

6. Kelengakapan Power Bank
Selalu cek kelengkapan dari Power Bank sebelum Anda membelinya. Muali dari kabel A/C, lampu indikator, konektor, sarung power bank, user guide dan kelangkapan lain yang telah di bundling menajadi satu. Untuk konektor sebaiknya Anda gunakan kabel konektor bawaan gadget Anda karena biasanya konektor dari Power Bank kualitasnya kurang begitu baik.

7. Harga Power Bank
Banyak orang yang mengatakan semakin mahal harganya maka semakin baik barangnya. Memang benar kalimat tersebut karena pada umumnya barang yang berkualitas dibanderol dengan harag yang tinggi. Untuk masalah gadget Anda sebaiknya prioritaskan pada kualitas power bank karena jika mengejar murah belum tentu aman bagi gadget Anda.

Itulah tadi Tips Membeli Power Bank yang Bagus. Semoga bermanfaat !