Info Seputar Terlambat Haid, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terlambat Haid

Penyebab tidak haid / terlambat haid

Ristizona.com - Tidak haid sering dijadikan indikasi bahwa telah terjadi kehamilan. Namun dari segi medis, tidak haid belum tentu hamil. Penyebab terlambat datang bulan salah satunya adalah masalah phisikologis, hal ini biasa terjadi pada wanita yang banyak masalah yang selalu menjadikan hal itu sedagai beban dalam pikiran. Mengonsumsi obat-obatan seperti lutenil, primolutn, norethisteron, serta pil kontrasepsi juga menjadi penyebab tidak haid.

Yang perlu anda waspadai adalah terlambat datang bulan yang disertai beberapa keanehan, Beberapa kelainan pada saat haid antara lain:
1. Menstruasi yang sangat menyakitkan atau dysmenorrhea. Dysmenorrhea pertama biasanya dihubungkan dengan naiknya kadar kimia alami dalam tubuh saat ovulasi, yang mengakibatkan rasa sakit.
2. Dysmenorrhea kedua merupakan tanda suatu kelainan mendasar, ini mempengaruhi wanita yang belum pernah menstruasi sebelumnya.Gejalanya seperti rasa sakit pada punggung bagian bawah atau kaki, kram perut, atau sakit pada tulang panggul.
3. Selan itu kelainan reproduksi, endometriosis, atau fibroids dapat menimbulkan menstruasi dengan rasa sakit.
Jika anda mengalaminya, dan untuk mengetahui penyebab secara pasti terjadinya hal ini ada baiknya segera memeriksakannya ke dokter.

Pada banyak kasus, tidak haid tetaplah menjadi tanda kehamilan utama. Pada dasarnya Menstruasi atau haid terjadi bila sel telur yang tidak dibuahi luruh bersama mukosa rahim. Sebaliknya, bila sel telur tersebut berhasil dibuahi, maka mukosa rahim akan menjaganya agar tidak luruh melalui mekanisme yang rumit. Hormonlah yang mengatur fungsi kapan mukosa rahim akan luruh.

Untuk memastikan terjadinya kehamilan, lakukan pemeriksaan dengan test pack. Perubahan kadar hormon hCG [human Chorionic Gonadotropin] di dalam tubuh dapat dideteksi melalui air seni, pada test pack akan menghasilkan 2 garis yang artinya 99% Anda hamil.

Mengatasi terlambat haid

Minumlah jus lidah buaya, jus buah pepaya dan wortel yang dapat membantu tubuh mempertahankan siklus menstruasi dan dapat merangsang dan mengatur siklus menstruasi secara teratur. Anda juga dapat minum jus tebu secara teratur sejak 2 minggu sebelum jatuh tempo menstruasi, hal ini adalah cara yang sering digunakan dan cukup efektif untuk mengatasi menstruasi yang tertunda.

tag: kesehatan