PES 2013 atau FIFA 2013, Lebih Bagus Mana ?

FIFA 2013 atau PES 2013, Lebih Bagus Mana ?

Ristizona.com - Di akhir tahun 2012 merupakan jadwal perilisan game-game yang bergenre olahraga. Salah satunya adalah game yang mengusung tema sepak bola. Jika kita berbicara soal game sepak bola pastinya dalam pikiran kita akan merujuk kepada dua vendor raksasa yang bersaing untuk menciptkan game sepak bola yang terbaik. Sebut saja Konami yang baru-baru ini telah resmi merilis game andalan mereka yaitu Pro Evolution Soccer (PES) 2013. Selain itu EA Sport juga tidak mau ketinggalan, mereka telah resmi merilis FIFA 2013 untuk menyaingi game lain yang bergenre sama.

Jika kita menengok tahun-tahun sebelumnya banyak yang menganggap bahwa PES memiliki keunggulan dalam hal Gameplay dibandingkan dengan FIFA. Begitu pula sebaliknya para gamers menilai bahwa FIFA lebih baik dalam hal Game Grafis dibandingkan dengan PES yang lebih kasar bila dilihat dari sisi kualitas gambar. Nah bagaimana menurut kamu ?

Setelah keduanya resmi merilis PES 2013 vs FIFA 2013 kini bagaimana perkembangan keduanya apakah kelemahan yang dimiliki setiap game telah di perbaiki, nah itulah yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai PES 2013 vs FIFA 2013 lebih bagus mana antara keduanya ?

Berikut ini perbandingan lebih bagus mana PES 2012 atau FIFA 2013  :

Baca Dulu ini:
Fitur Terbaru Pro Evolution Soccer (PES) 2013
Kelebihan Fitur Terbaru FIFA 2013

1. Grafis


Dalam hal grafis memang saat ini keduanya baik PES 2013 maupun FIFA 2013 telah berbenah diri. Hasilnya keduanya kini hampir tidak bisa dibandingkan lagi, kemiripan yang di bentuk untuk menggambarkan pemain sudah sama baiknya. Untuk melihat perbandingan yang mendetail, kita dapat melkukan zoom kepada pemain sehingga terlihat perbedaan grafis antara FIFA 2013 dengan PES 2013.

Tetapi perlu di ketahui bahwa FIFA 2013 memiliki lisensi resmi dari badan sepak bola dunia yaitu FIFA. Hal ini membuat FIFA 2013 memiliki hak untuk menggunakan semua brand sponsor, logo, jersey, dan stadion. Berbeda dengan PES 2013 yang belum memiliki hak ini sehingga terlihat polos ketika pemain menggunakan jersey mereka.

2. Gameplay


Gameplay PES 2013

PES 2013  : Keunggulan yang dipertahankan mulai dari dulu oleh PES memang kini tetap menjadi andalan Konami. Dengan pergerakan yang luwes dan lincah membuat mengolah si kulit bundar menajdi lebih nyata. Gamer bisa melakukan berbagai gerakan yang lebih dinamis lagi dibandingkan terdahulu.
Dalam hal menjebol gawang ketika berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, PES 2013 terkesan lebih mudah untuk melakukan finishing cukup menendang keras atau pelan ke arah yang diinginkan. Selain itu gamer harus menemui kendala ketika melakukan terobosan yang lebih kompleks tingkat kesulitannya sehingga tidak mudah untuk melakukan terobosan bawah di PES 2013.

Gameplay FIFA 2013

FIFA 2013 : Berbeda dengan PES 2013, FIFA 2013 dalam hal gameplay memang sedikit berbeda, feeling gamer di uji dengan kesulitan dalam shooting, passing, terobosan, dll. Secara garis besar di FIFA untuk melakukan shooting, passing, dll terasa lebih sulit karena feeling gamer sangat berpengaruh bagaimana menmpatkan pemain dalam kondisi sempurna untuk melakukan shooting,passing atau crossing.

3. Fitur dan Taktik


Taktik PES 2013
PES 2013 : Jika masalah fitur dan taktik seperti formasi tim sebelum melakuka pertandingan, PES 2013 terlihat lebih unggul. Dengan berbagai fitur untuk mengeksplor taktik untuk mendapatkan tim impian membuat PES 2013 lebih unggul dalam hal ini.

Taktik FIFA 2013

FIFA 2013 : Berbicara soal urusan fitur dan taktik memang FIFA terlihat sangat simple. Gamer tidak bisa mengeksplor sebuah tim seperti halnya yang dilakukan oleh PES 2013. Gamer mungkin hanya di suguhkan beberapa perubahan formasi yang dapat dilakukan.

4. Kamera Gameplay
PES 2013 : Untuk urusan kamera menurut saya, PES kurang baik dalam hal kamera gameplay. Beberapa kali kamera malah membuat bingung gamer ketika menggunakan mode live broadcast.

FIFA 2013 : Menurut sayaFIFA lebih baik karena ketika pertandingan dimulai, dengan menggunakan moe live broadcast, gamer disuguhkan view seperti kita melihat pertandingan sepak bola di layar kaca TV.

5. Selebrasi Gol


Selebrasi Gol PES 2013

PES 2013 : Dalam hal selebrasi memang PES 2013 lebih baik ketimbang FIFA. Memiliki beragam khas selebrasi di padu dengan kamera zoom ketika selbrasi berlangsung membuat gol yang dibuat benar-benar nyata dengan menampilkan mimik wajah yang terlihat jelas.

Selebrasi Gol FIFA 2013

FIFA 2013 : Meskipun banyaknya kombinasi selebrasi gol yang dilakuakn hampir menyamai PES 2013. Tetapi FIFA sangat lemah terhadap kamera zoom ketika mencetak gol. Selebrasi terlihat sangat hambar ketika gol terjadi tanpa melihatkan mimik wajah pemain yang mencetak gol.

6. Lisensi Resmi



PES 2013 : Konami selaku vendor PES memang tidak memiliki lisensi resmi untuk menggunakan logo, brand sposnro, stadiuon, dll yang membuatnya berbeda dengan FIFA yang memiliki lisensi resmi oleh bdan sepak bola dunia FIFA. Jadi tidak heran jika kamu ketika memainkan PES 2013 terlihat jersey pemain sangat polos bahkan logo tim berbeda seperti saat ini. Contohnya : Chelsea masih bernama London FC. Kecuali kamu telah menggunakan Patch Editing yang bisa merubah semuanya.


FIFA 2013 : Keunggulan terbesar yang dimiliki oleh FIFA adalah memiliki lisensi resmi yang telah direstui oleh badan sepak bola dunia. Dengan menyematkan secara lengkap logo, brand sponsor, stadion, jersey membuat pemain di FIFA menjadi lebih nyata.


Itulah tadi beberapa perbedaan PES 2013 dengan FIFA 2013. Keduanya memiliki beragam kelemahan dan kelebihan yang dimiliki. Masalah siapa yang lebih bagus itu terserah kamu !! Jika memiliki pendapat lain tentang Bagus mana FIFA 2013 vs PES 2013, share disini ya !!