Susu Penyebab Masalah Kesehatan

Ristizona.com - Kita sering disarankan untuk minum susu secara teratur. Produk susu seperti susu dan yoghurt sehat untuk tubuh. Susu kaya akan vitamin, protein, dan nutrisi. Namun, sangat sedikit orang bisa meminum segelas susu setiap hari. Entah rasa, bau atau efek susu membuat mereka membenci produk susu. Banyak orang mengeluh bahwa susu menyebabkan keasaman, masalah lambung, sembelit, jerawat dan batuk.

Susu Penyebab Masalah Kesehatan
Susu. (Foto: Google)
Berikut ini adalah beberapa hal yang membuat susu menjadi penyebab masalah kesehatan.

Reflux Asam
Salah satu masalah perut umum yang menyebabkan susu keasaman. Jika Anda minum susu dalam perut kosong, Anda mungkin menderita refluks asam. Reflux asam adalah kondisi di mana cairan dan gas dari lambung berbalik mengalir ke kerongkongan yang menyebabkan mulut jadi terasa pahit dan dada terasa terbakar.

Keasaman
Terlepas dari refluks asam, susu juga menyebabkan keasaman. Sifat asam dari susu dan lemak jenuh dapat menyebabkan keasaman. Susu sapi misalnya adalah yang bersifat asam. Namun, tidak semua orang menderita keasaman setelah minum susu. Jika Anda minum susu dalam perut kosong, dapat menyebabkan masalah lambung dan sakit kepala. Jadi, selalu makan sesuatu sebelum meminum susu untuk menghindari masalah tersebut. Orang yang menderita keasaman setelah minum susu harus menghindari produk susu.

Sembelit
Protein pada susu dapat menyebabkan sembelit dalam banyak kasus. Ketidakmampuan sistem pencernaan untuk memproses protein dari susu sering menyebabkan sembelit. Hal ini juga dikenal sebagai intoleransi susu. Sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik untuk mencerna protein dari susu sehingga mengganggu gerakan usus dan menyebabkan pengerasan tinja pada usus. Jika Anda menderita sembelit karena susu atau produk susu lainnya, jangan memasukkan produk susu dari daftar diet Anda. Kalsium dan vitamin alternatif seperti makanan atau suplemen vitamin yang diresepkan dokter dapat membantu.

Jerawat
Jika Anda menderita jerawat, maka susu dapat menjadi salah satu alasan penyebabnya. Ketidakseimbangan hormon testosteron (pada pria dan wanita), perubahan dihidrotestosteron (DHT) dalam kelenjar sebaceous menyebabkan jerawat. Susu dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh dan juga memproduksi kelenjar sebum (sebaceous gland) lebih banyak. Hal ini menyebabkan jerawat.

Batuk
Hal ini diyakini bahwa susu dapat menyebabkan masalah batuk. Susu atau intoleransi susu dapat memperburuk batuk dan dahak. Susu membuat lendir, jadi jika Anda menderita batuk dan sakit tenggorokan, jangan minum susu sampai Anda sembuh.

Susu yang diangga sebagian orang dapat membuat tubuh sehat ternyata juga dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Jika Anda alergi terhadap susu, hindari minum susu. 

Sekian informasi tentang susu penyebab masalah kesehatan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat.