Manfaat Tembakau Selain Bahan Baku Rokok

Ristizona.com - Nicotiana Tabacum atau yang kita kenal sebagai Tembakau adalah bahan baku utama pembuatan rokok, namun tahukah anda jika tembakau ini ternyata punya banyak manfaat lain selain bahan rokok. Berikut manfaat dari tembakau:

daun tembakau, manfaat tembakau
Tembakau (foto:infoskesehatan.blogspot.com)

1. Tembakau Menghasilkan Protein Anti Kanker
Selama ini Tembakau sering dihubungkan sebagai penyebab kanker, tapi ternyata tembakau dapat juga menghasilkan protein anti-kanker yang berguna bagi penderita kanker. Selain itu dapat menstimulasi perbanyakan sel tunas (stemcell) yang bisa dikembangkan untuk memulihkan jaringan fungsi tubuh yang sudah rusak, kemudian tembakau juga dapat mencegah kanker mulut rahim karena tembakau mengandung sumber protein yang diketahui dapat menstimulasi antibody terhadap Human Papilloma Virus (HPV) yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

2. Melepaskan Gigitan Lintah
Ketika anda sedang berada di hutan dan terkena gigitan lintah, tembakau bisa digunakan untuk melepaskan lintah tersebut. Tembakau juga dapat digunakan sebagai bahan insektisida karena nikotin yang terkandung merupakan neurotoxin yang ampuh untuk mengusir/membunuh serangga.

3. Tembakau Sebagai Obat Diabetes dan Antibodi
Tembakau mampu dimodifikasi secara genetik oleh para ilmuwan untuk memproduksi obat diabetes dan antibody. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal BMC Biotechnology. Wow.

4. Sebagai Anti Radang
Profesor Mario Pezzotti dari Universitas Verona bersama para Ilmuwan dari beberapa lembaga penelitian Eropa bergabung dalam proyek "Pharma-Planta". Mereka membuat tembakau transgenik yang mampu memproduksi interleukin-10 (IL-10), yang merupakan cytokine anti-radang yang ampuh. Cytokine merupakan protein yang merangsang sel-sel kekebalan tubuh agar menjadi aktif.

5. Penghilang Embun pada kaca mobil
Ketika anda merasa terganggu dengan embun yang ada pada kaca mobil pada waktu hujan, Tembakau dapat digunakan untuk menghilangkan embun tersebut, caranya dengan menggosok-gosokan tembakau pada kaca mobil.


6. Sebagai Obat HIV/AIDS
Virus Tembakau pun juga bisa menghasilkan protein obat HIV penyebab AIDS, yang disebut griffithsin. HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia.

7. Pengobatan Ternak
Ekstrak tembakau (nikotin 1,68%) berpotensi dapat membasmi cacing H. contortus. Pengobatan ini jelas akan memberikan keuntungan bagi para pemelihara ternak sebab kesehatan ternak mereka akan semakin baik.

8. Sebagai Obat Luka
Tembakau merukana salah satu obat tradisional untuk menyembuhkan luka, caranya ambil daun tembakau ± 25 gram daun segar, dicuci dan ditumbuk sampai lumat. lalu ditambah dengan minyak tanah ± 25 ml lalu diperas dan disaring. Kemudian hasil saringan itu dioleskan pada luka.

Selain yang disebutkan diatas, masih ada lagi manfaat dari tembakau ini seperti baru-baru ini sedang dikembangkan biofuel yang terbuat dari daun tembakau. Demikian beberapa manfaat dari tembakau yang ternyata dapat juga menjadi bahan pengobatan untuk menjaga kesehatan kita, semoga tulisan ini dapat menambah wawasan anda tentang alam sekitar.