Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

Ristizona.com - Di jaman seperti sekarang ini tidak lah gampang mencari pekerjaan yang benar-benar menjanjikan dan cocok dengan kita. Mulai mencari lowongan yang sesuai, membuat surat lamaran, tes dan wawancara merupakan salah satu tahapan dalam mencari pekerjaan. Sering kali seseorang hanya karena surat lamaran yang salah dan kurang meyakinkan membuatnya tidak diterima di pekerjaan itu.

Sekarang ini umumnya dalam membuat surat lamaran tidak harus mengirimkan lewat kantor pos atau langsung ke tempat pendaftaran, cara yang sekarang banyak di gunakan adalah memanfaatkan layanan Email untuk mengirimkan surat lamaran pekerjaan. Dalam membuat surat lamaran via Email sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan tahu dan paham triknya sehingga membuat surat lamaran kita meyakinkan. Nah berikut ini Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email  :

1. Tulis Judul Email secara singkat dan jelas
Dalam membuat judul surat lamaran pekerjaan sebaiknya di tulis secara jelas dan singkat karena untuk memudakan penerima dalam memahami tujuan email yang anda kirim. Selalu perhatikan yang mereka inginkan misalnya harus menuliskan atau mencantumkan kode tertentu pada judul/subject surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan.

2. Tempat Penulisan Surat Lamaran Pekerjaan
Perhatikan dimana anda akan menuliskan surat lamaran, apakah di lembar kerja email ataukah di lampirkan dalam bentuk sebuah file (attach file). Tetapi umumnya surat lamaran boleh di tulis di lembar kerja email.

3. Perhatikan jenis file yang anda kirim
Jika perusahaan atau kantor yang inginkan meminta melampirkan file tertentu, sebaiknya anda perhatikan format/ekstensi file yang anda kirimkan. Misalnya anda diminta mengirimkan file dalam bentuk (.doc/.xls) jangan sekali-kali mengirimkan file yang berformat lain karena dapat menyulitkan mereka untuk membuka file anda.

4. Perhatikan ukuran file surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan
Sebaiknya file/surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan janganlah berukuran terlalu besar karena umumnya file yang terlalu besar akan di abaikan oleh penerima. Sebaiknya file surat lamaran pekerjaan yang anda kirimkan <1Mb. Jika file atau surat lamaran pekerjaan anda melebihi 1Mb sebaiknya compress menjadi format (.zip) agar lebih kecil ukurannya.

5. Lakukan Uji Coba Pengiriman via Email
Setelah semua selesai di buat, sebaiknya anda uji coba dahulu surat lamaran pekerjaan yang anda buat dengan mengirimkan nya ke email anda yang lain. Sehingga anda bisa melihat seperti apa jadinya surat lamaran pekerjaan yang akan anda kirimkan.

Itulah tadi Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email, semoga bermanfaat !!

tags: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan, Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan Via Email, Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan