Pengertian dan Cara Shalat Taubat

Cara Melakukan Shalat Taubat

Ristizona.com - Shalat Taubat adalah shalat yang dikerjakan oleh seseorang disebabkan karena menyesali perbuatan maksiat (dosa) dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Jadi dengan kata lain shalat taubat merupakan shalat yang dilakukan untuk meminta ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan seseorang.

Rosulullah menganjurkan untuk melakukan shalat taubat seperti yang di sabdakan Rosulullah dalam HR. Abu dawud, nasu'i, Ibnu Majah dan Baihaqi yang memberikan pengertian bahwasanya Shalat Taubat adalah sangat di anjurkan bagi kita untuk mengerjakannya, terutama bagi orang yang sering berbuat maksiat baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah. Oleh karena itu marilah kita rajin mengerjakannya agar kita nanti kembali kepada Allah benar-benar dalam keadaan bersih dari noda-noda dosa yang telah kita lakukan.

Cara Mengerjakan Shalat Taubat
Adapun mengenai hukum shalat taubat adalah sunnat yang dilakukan sebanyak dua, empat, atau enam rokaat.  Mengenai waktu mengerjakan adalah kapan saja ketika seseorang merasa telah melakukan dosa baik terhadap manusia terlebih-lebih terhadap Allah. Maka di anjurkan cepat-cepat bertaubat kepada Allah dengan melaksanakan shalat taubat.

Adapun cara mengerjakan shalat taubat adalah sama dnegan shalt sunnat yang lain, hanya saja berbeda dalam lafadh niatnya, berikut lafadh niat shalat taubat  :

"USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK'ATAINI LILLAAHITA'ALA, ALLAHU AKBAR"
Artinya : Saya berniat shalat sunnat taubat dua rokaat karena Allah ta'ala

Setelah selesai melakukan atau mengerjakan shalat taubat di anjurkan untuk banyak-banyak membaca istighfar yang mana intinya untuk memohon ampunan Allah dan bertaubat dengan tidak mengulanginya lagi. Kemudian di anjurkan pula ntuk membaca doa' setelah shalat taubat.

tags: shalat taubat, pengertian shalat taubat, hukum shalat taubat, cara melakukan shalat taubat, niat dan do'a shalat taubat