10 Fakta Unik Burung Hantu

Burung Hantu

Ristizona.com - Burung hantu adalah burung yang dikenal sebagai burung malam karena mencari makanan pada malam hari. burung hantu juga sering dikaitkan dengan cerita-cerita misteri dan perayaan hallowen seperti halnya kalelawar dan laba-laba. Berikut 10 fakta unik yang terdapat pada burung hantu.

1. Ada 205 jenis burung hantu di dunia
Terdapat 205 jenis burung hantu di dunia, burung hantu ini dibagi menjadi 2 kelompok dasar, barn owl dan true owl.
  • Barn owl. Memilki bentuk wajah seperti hati, memiliki kaki panjang dan cakar yang kuat. Tubuh sedang dengan sayap sekitar 3,5 kaki. Dalam kelompok ini terdapat 15 jenis burung hantu termasuk jenis burung hantu hitam besar (the greater sooty owl), autralasian grass owl, ashy-faced owl dan burung hantu Sulawesi.
  • True owl. Kelompok ini berbeda dengan barn owl. Terdapat 190 jenis dengan 23 marga. Burung hantu jenis memiliki wajah bulat, kepala besar dan berekor pendek. Ukuran tubuh bervariasi, mulai ukuran kecil sampai yang berukuran sangat besar. True owl yang sangat dikenal yaitu horned owl, screech owl dan saw-whet owl. Warna bulu jenis ini tidak terlalu banyak variasi warna dalam bulunya (hitam, abu-abu, putih, coklat) dan memiliki pola belang-belang. Berfungsi untuk mengelabui para predator dan mangsanya.
2. Burung hantu adalah burung predator
Makanan alami burung hantu adalah mamalia kecil seperti tikus, tupai kelinci. Selain itu burung hantu juga memakan ular dan serangga. Burung hantu tidak dapat mengunyah mangsanya seperti makhluk kebanyakan, mereka akan mencabik-cabik dengan cakarnya yang tajam kemudian menelannya sedikit demi sedikit dan akan memuntahkan kembali pelet bahan yang dicernanya seperti bulu dan tulang-tulang.

3. Sebagian besar burung hantu aktif di malam hari
Sebagian besar burung hantu aktif di malam hari untuk mencari makan. Mencari makan dimalam hari juga menghindari persaingan dengan burung lain seperti elang. Walaupun demikian ada juga jenis burung hantu yang mencari makan pada siang hari dan senja.

Burung Hantu
4. Banyak burung hantu memiliki bulu special
Bulu ini akan mengurangi suara yang ditimbulkan dari kepakan sayapnya sehingga akan membantu dalam memburu mangsa.


5. Telah lama dikaitkan dengan cerita/legenda masyarakat
Burung hantu sudah lama dihubungkan dengan cerita/legenda rakyat. Burung hantu ada dalam lukisan gua di Perancis berumur 15.000-20.000 tahun yang lalu. Burung hantu juga terdapat pada huruf hieroglyphic Mesir. Dalam budaya disimbolkan sebagai kematian, kesialan dann kemakmuran. Di yunani kuno, burung hantu disimbolkan sebagai tanda kebijaksanaan.

6. Mempunyai kaki yang kuat seperti Raptor
Burung hantu memiliki kaki yang kuat. Struktur kaki ini dinamakan zygodactil. 2 jari mengarah depan dan 2 jari mengarah kebelakang, berguna untuk menangkap mangsanya. kadangkala jari ketiga dapat ditekuk kedepan untuk bertengger.

Burung Hantu7. Bulu seperti telinga hanya hiasan saja.
Beberapa burung hantu terdapat jumbai telinga, tetapi itu hanyalah hiasan saja. Lubang telinga sebenarnya berada dibalik bulunya yang lebat.


8. Memiliki paruh panjang dan bengkok
Burung hantu memiliki paruh yang panjang dan berbengkok. Karena tertutup bulu, maka kelihatan lebih pendek dari yang sebenarnya.

9. Memiliki suara khas yang berbeda setiap jenisnya.
Mampu mengeluarkan suara khas seperti desahan, jeritan dan pekikan. Kebanyakan digunakan untuk menandai daerah kekuasaan atau menemukan pasangannya didalam kegelapan.

Burung Hantu
10. Mata burung hantu tidak bisa digerakkan
Walaupun memiliki pandangan binokuler seperti manusia, burung hantu tidak dapat melirikan matanya. Burung hantu akan memutar kepalanya ke kiri dan ke kanan untuk melihat kearah yang dituju.