ati vs nvidia

Ristizona - Mungkin dari anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang VGA Card. Apalagi bagi para gamer yang maniak dengan game terbaik pastinya tidak bias lepas dari hardware yang satu ini. Di dalam memilih VGA Card memang gampang-gampang susah karena kita harus pintar dan jeli dalam memilih VGA Card yang memiliki kualitas bagus tetapi juga dengan harga yang murah.

VGA Onboard atau VGA bawaan dari motherboard biasanya memiliki kualitas yang pas-pasan sehingga diperlukan tambahan hardware yang dapat meningkatkan kinerja komputer. Tentunya penambahan VGA Card diharapkan bisa menjalankan progam ataupun game yang baru dan kebanyakan menuntut spesifikasi yang tinggi. Secara sederhana VGA Card terdapat 2 jenis yaitu VGA dengan Socket PC Express dan VGA yang bersocket AGP. Dari kedua jenis ini pastinya VGA PC Express lebih baik dibandingkan dengan AGP.

Nah, bagi anda yang kebingungan menentukan atau memilih VGA berkuallitas dengan harga murah berikut ada beberapa tips jitu memilih VGA Card yang berkualitas dan murah  :

1. Fungsi VGA Card yang akan di beli
Sebelum membeli VGA Card sebaiknya anda menentukan terlebih dahulu fungsi VGA Card yang anda beli untuk apa. Jika hanya untuk bekerja Office dan memainkan game flash yang tergolong ringan, sebaiknya anda membeli VGA Card yang standart saja dengan kisaran harga 100-200 ribu. Berbeda jika anda ingin bermain game baru dengan reqiutment yang tinggi dan progam-progam berat seperti editing video dan foto, sebaiknya anda membeli VGA Card yang memiliki kualitas terbaik dengan harga di atas 500 ribu.

2. Jangan memilih VGA Card cuman dari besar memorinya
Kebanyakan orang memiliki pemahaman yang salah dengan memori VGA. Sebenarnya semakin besar memori VGA tidak menjamin semakin baik VGA itu karena memori VGA hanya mempengaruhi kualitas resolusi, semakin besar memorinya maka semakin besar resolusi yang akan di dapat. Misalnya saja VGA ATI Radeon HD5670 yang memiliki Memori 512mb lebih baik performanya jika dibandingkan dengan ATI Radeon HD4350 yang memiliki Memori 1Gb. Hal ini di karenakan ATI Radeon 5670 memiliki clockspeed, pipeline dan jenis memori yang digunakan lebih tinggi.
Misalnya : VGA 512mb – shader 256 bit – DDR3 lebih baik dibandingkan dengan VGA 1Gb – shader 128 bit – DDR2

3. Graphics Processing Unit (GPU)
Seperti yang kita ketahui 2 vendroVGA terbesar yaitu ATI dan NvvendroVGA terbesar yaitu ATI dan Nvidia berlomba-lomba menciptakan VGA yang memiliki performa yang terbaik. Yang perlu anda perhatikan adalah kategori VGA Card yang akan anda beli. Pada dasarnya terdapat 3 kategori yaitu VGA low-end, VGA mid end, dan VGA high end. Jika anda menginginkan VGA Card dengan performa terbaik sebaiknya anda memilih VGA High End.

4. Perhatikan Daya Power Supply
Mungkin yang sering di lupakan dalam memilih VGA adalah daya Power Supply komputer anda. Ketika anda memilih atau membeli VGA Card sebaiknya perhatikan daya listrik yang dibutuhkan. Untuk VGA low end umumnya meminta power supply dengan daya 300-350 watt. Untuk VGA mid-end umumnya meminta daya power supply 400-450 watt. Bahkan sekarang kelas high-end sudah meminta daya power supply lebih dari 500 watt.

5.  Pilih ATI atau Nvidia ?

Sekarang ini memang jika kita membahas tentang VGA Card memang tidak bisa lepas dari kedua vendor ini. ATI dan Nvidia memang menjadi pilihan utama saat ini. Mungkin dari anda kebingungan lebih bagus mana ATI atau Nvidia. Saya akan memberikan beberapa tips buat anda. Sebenarnya keduanya baik ATI atau Nvidia memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Nvidia memang memiliki keunggulan dalam hal tekstur gambar yang dihasilkan lebih baik. Tetapi ATI dalam pemrosesan kecepatan gambar jauh lebih unggul ketimbang Nvidia.
Tips tambahan dari saya dalam memilih ATI atau Nvidia sebaiknya sesuaikan dengan prosesor yang anda gunakan. Jika prosesor anda menggunakan Intel sebaiknya gunakan Nvidia begitu juga sebaliknya jika prosesor anda AMD sebaiknya gunakan VGA Card ATI Radeon.
ristizona
- 21.7.12