Tips Cerdas Membeli Blackberry Bekas

Blackberry Bekas


Ristizona - Blackberry merupakan salah satu smartphone yang sangat populer di Indonesia. Bagi sebagian kalangan, Blackberry (BB) menjadi sangat penting karena mempunyai fitur yang mampu menunjang aktifitas bisnis dan bersosialisasi. 

Membeli Blackberry baru tentu keinginan semua orang, tetapi jika harga masih dinilai mahal, alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membeli Blackberry bekas. Jika anda berencana untuk membeli Blackberry bekas sebaiknya perlu memperhatikan kondisi dari Blackberry tersebut agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut beberapa tips membeli Blackberry bekas:

1. Cek kondisi Blackberry. Lihat apakah kondisi fisik barang bagus atau jelek, biasanya memang fisik blackberry bekas sudah jelek misal warna mengelupas. Jika memungkinkan pilihlah yang masih bagus. Lihat juga bagian dalamnya, pastikan logam konektor tidak kotor ataupun berkarat.

2. Cek PIN dan IMEI. Untuk melihat PIN dan IMEI dengan cara masuk ke menu, tekan option > status. Atau bisa dari halaman stand by dengan menekan tombol Alt + Shift + H. Cocokkan dengan PIN dan nomor IMEI yang ada di dus. Cocokkan juga PIN dan IMEI yang ada di tempat baterai. Jika sama maka layak untuk dibeli.

3. Cek seberapa seringkah penggunaan BB ini untuk berkomunikasi, bisa dilakukan dengan membuka menu BlackBerry, pilih option > status. lalu, ketik B U Y R di keyboard. Data tambahan akan muncul. Pada BB baru data usage dan voice usagenya akan nampak 0kb. Jika BB bekas pastikan datanya tidak berlebihan.

4. Cek koneksi internet, cobalah masuk ke alamat BlackBerry service (http://**.blackberry.com). ** bisa diganti dengan layanan yang digunakan misal telkomsel, indosat). Klik Register New Account. Lalu cobalah untuk mendaftarkan IMEI dan PIN BlackBerry tersebut. Akan muncul notifikasi sbb:
  • Your device has not yet been registered with network. Artinya IMEI dan PIN bisa digunakan untuk menikmati layanan BlackBerry Internet Service (BIS)
  • Your Account is already registered. Artinya ada kemungkinan Blackberry tersebut adalah barang bekas atau refurbish (JB).
  • The BlackBerry is registered with another provider. Artinya ada kemungkinan IMEI dan PIN sudah terdaftar pada operator lain/luar negeri. Jika ingin membeli BB ini, maka mintalah garansi untuk tukar BB baru, untuk menghindari layanan tidak bisa digunakan lagi.
  • Your Account is Suspended. Artinya PIN dan IMEI sudah dilaporkan sebagai PIN dan IMEI ilegal, hilang atau curian. Jangan dibeli jika muncul notifikasi yang ini.
5. Cek tombol keypad dan layar. tombol sebaik yang masih merespon cukup bagus. pencet-pencet secara asal/urut, lihat apakah masih merespon dengan baik atau tidak. Untuk layar, pilihlah yang tidak ada warna hitamnya (deadpixel).

6. Cek speaker dan mikrofon. Blackberry sebagi ponsel tentu fungsi utama adalah untuk menelepon. Cobalah untuk menyalakan ringtone dan menelepon seseorang, dengarkan apakah suara yang keluar masih baik atau tidak.

7. Cek baterai, USB, bluetooth dll. pastikan kondisi baterai tidak drop dan dapat dicharge, cara mengeceknya bisa dicoba untuk bermain game atau menelepon seseorang, lihat apakah baterai cepat habis atau tidak. pastikan juga USB dan bluetooth dapat connect dengan baik.

Demikian beberapa tips untuk membeli Blackberry bekas. Semoga membantu.

@ristiae