Pengertian Ekologi: Apa itu Ekologi?

Ristizona.com - Ekologí adalah ílmu yang mempelajarí ínteraksí antara organísme dengan língkungannya dan yang laínnya. Berasal darí kata Yunaní oíkos (habítat) dan logos (ílmu). Ekologí díartíkan sebagaí ílmu yang mempelajarí baík ínteraksí antar makhluk hídup maupun ínteraksí antara makhluk hídup dan língkungannya. ístílah ekologí pertama kalí díkemukakan oleh Ernst Haeckel (1834 - 1914).Dalam ekologí, makhluk hídup dípelajarí sebagaí kesatuan atau sístem dengan língkungannya.

Pembahasan ekologí tídak lepas darí pembahasan ekosístem dengan berbagaí komponen penyusunnya, yaítu faktor abíotík dan bíotík. Faktor abíotík antara laín suhu, aír, kelembaban, cahaya, dan topografí, sedangkan faktor bíotík adalah makhluk hídup yang terdírí darí manusía, hewan, tumbuhan, dan míkroba. Ekologí juga berhubungan erat dengan tíngkatan-tíngkatan organísasí makhluk hídup, yaítu populasí, komunítas, dan ekosístem yang salíng memengaruhí dan merupakan suatu sístem yang menunjukkan kesatuan.

Ekologí merupakan cabang ílmu yang masíh relatíf baru, yang baru muncul pada tahun 70-an.Akan tetapí, ekologí mempunyaí pengaruh yang besar terhadap cabang bíologínya. Ekologí mempelajarí bagaímana makhluk hídup dapat mempertahankan kehídupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hídup dan dengan benda tak hídup dí dalam tempat hídupnya atau língkungannya.Ekologí, bíologí dan ílmu kehídupan laínnya salíng melengkapí dengan zoologí dan botaní yang menggambarkan hal bahwa ekologí mencoba memperkírakan, dan ekonomí energí yang menggambarkan kebanyakan rantaí makanan manusía dan tíngkat tropík.

Para ahlí ekologí mempelajarí hal beríkut:

  1. Perpíndahan energí dan materí darí makhluk hídup yang satu ke makhluk hídup yang laín ke dalam língkungannya dan faktor-faktor yang menyebabkannya.
  2. Perubahan populasí atau spesíes pada waktu yang berbeda dalam faktor-faktor yang menyebabkannya.
  3. Terjadí hubungan antarspesíes (ínteraksí antarspesíes) makhluk hídup dan hubungan antara makhluk hídup dengan língkungannya.

Kíní para ekolog(orang yang mempelajarí ekologí)berfokus kepada Ekowílayah bumí dan ríset perubahan íklím.