Cara Menghilangkan Komedo

Ristizona - Komedo terbentuk karena adanya penyumbatan pada pori-pori wajah (hidung) oleh sebum atau kelenjar minyak yang berlebihan dan mengeras pada permukaan kulit sehingga timbul seperti bintik berwarna putih (whitehead) atau berwarna hitam (blackhead). Adanya komedo di wajah tentu mengganggu penampilan kita, oleh sebab itu perlu dibersihkan setiap saat. 


Berbagai cara bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo, pergi ke dokter mungkin pilihan tepat karena dokter tentu tahu bagaimana menghilangkan komedo ini, namun kita juga bisa menghilangkan komedo sendiri tanpa perlu ke dokter sehingga biaya untuk perawtan ke dokter bisa dialihkan untuk hal lainnya. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan komedo.

1. Menggunakan pore pack (plester penghilang komedo)
Pore pack ini bisa dibeli di toko swalayan, pakailah sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada dibungkusnya. Tetapi adakalanya menggunakan ini tidaklah begitu efektif karena biasanya ada komedo yang tidak ikut tercabut.

2. Menggunakan masker yang terbuat dari telur + madu
Caranya: kocok putih telur dan madu bersamaan. lalu oleskan pada wajah. Tunggulah 20 -30 menit sampai mengering kemudian bilas wajah dengan air hangat.

3. Menggunakan ramuan baking soda
Baking soda dapat menghilangkan komedo, caranya campurlah baking soda dengan air secukupnya. kemudian ramuan baking soda dioleskan pada daerah yang berkomedo, diamkan sekitar 20 menit lalu dibilas. Ramuan ini akan menyerap minyak berlebih pada wajah, membunuh bakteri dan menghapus komedo yang membandel.

4. Menggunakan Lidah buaya
Lidah buaya juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo, ambilah gel (isi) dari lidah buaya lalu tempatkan pada daerah yang berkomedo. diamkan selama 20 menit setelah itu usap dengan handuk berair hangat.

5. Menggunakan jeruk atau lemon
Blender kulit jeruk dengan air hingga terlihat kental. usapkan pada daerah hidung. Diamkan selama 1 malam dan baru dibilas dipagi hari. Asam dari lemon juga mampu mengurangi minyak dikulit.

yang perlu diperhatikan adalah jangan menghilangkan komedo dengan cara dipencet. Selain sakit, memencet komedo bukanlah pilihan tepat karena bekas komedo yang dipencet dapat terkena bakteri sehingga akan timbul jerawat. Cara dipencet juga dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak lagi minyak, sehingga akan menambah jumlah komedo.

Cara menghindari munculnya komedo
Setelah dihilangkan tentu perlu juga untuk menghindari munculnya kembali komedo ini kan, ada hal-hal yang bisa dilakukan, hal tersebut antara lian:
  • Bersihkan wajah secara teratur 2-3 kali sehari dengan pembersih anti bakteri
  • Gunakan facial scrub. Fungsi facial scrub adalah untuk mengelupas sel kulit mati sehingga akan berganti dengan sel kulit yang baru. Jika sel kulit mati ini tidak segera dikelupas akan memperburuk keadaan komedo.
  • Gunakan produk kosmetik yang tepat, kenalilah jenis kulit wajah sehingga dapat memilih produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Gunakan perawatan bahan-bahan alami. Menggunakan masker telur, lemon dan lidah buaya seperti petunjuk di atas bisa dilakukan untuk menghindari komedo datang lagi.
  • Kurangi makanan berminyak.
  • Gunakan handuk khusus untuk wajah. Memisahkan handuk untuk badan dan wajah bisa dilakukan untuk menghindari kuman di badan menempel di wajah.
  • Ganti sarung bantal secara teratur. Kotoran dibantal tanpa disadari akan menempel pada wajah saat tidur, oleh karena itu sarung bantal perlu dicuci secara berkala.
Semoga tips di atas dapat membantu.

----
Tulisan lain yang dapat dibaca: