Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Puasa


Tips Menghilangkan Bau Mulut
Ristizona – Saat berpuasa pastinya kita tidak akan terlepas dari masalah bau mulut. Banyak orang menjadi tidak percaya diri saat mengalami bau mulut. Secara ilmiah penyebab bau mulut saat berpuasa adalah kurangnya karbohidrat dan cadangan makanan yang di butuhkan oleh tubuh sehingga tubuh membakar lemak untuk dijadikan sebagai energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak inilah ketika proses pembakaran akan menghasilkan zat ketone yang dapat membuat bau  mulut.

Bagi anda yang memiliki masalah bau mulut saat berpuasa. Berikut adalah tips cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa :

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran
Saat kita berpuasa tubuh akan kekurangan karbohidrat yaang membuat lemak menjadi alternatif sumber energi yang di butuhkan oleh tubuh. Konsumsi buah dan sayuran sangat membantu mencegah bau mulut saat berpuasa, di anjurkan buah dan sayuran yang memiliki aroma yang khas seperti kemangi. Dengan memperanyak konsumsi buah dan sayuran akan membuat gula darah menjadi stabil dan pembakaran lemak menjadi berkurang.

2. Makanlah Yoghurt saat buka dan sahur
Seperti yang kita ketahui yoghurt merupakan makanan yang dapat membunuh bakteri dan membersihkan plak pada mulut sehingga bau mulut ketika berpuasa dapat berkurang. Yoghurt tanpa rasa dan tanpa gula sangat cocok ketika kita sedang berpuasa.

3. Konsumsi makanan yang kaya Vitamin C
Vitamin C memiliki fungsi untuk mencegah bakteri untuk hinggap di mulut. Jeruk, Strawbery, dan melon merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Sebaiknya vitamin C di konsumsi dari buah ataupun sayuran, hindari konsumsi vitamin C berupa suplemen karena mengkonsumsi suplemen vitamin C memungkinkan dapat mengganggu pencernaan yang dapat mengakibatkan bau mulut.

4. Menggosok gigi setelah sahur dan buka
Hal yang satu ini wajib dilakukan ketika kita sedang berpuasa. Menggosok gigi yang dilakukan setelah sahur dan buka membuat mulut menjadi segar dan terhindar dari bau mulut selama berpuasa.