Sinar Matahari Bisa Kuatkan Tulang Bayi

ibu hamil, bayi sehat

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bristol University selama 18 tahun menunjukkan bahwa di negara yang memiliki empat musim, ibu yang mengandung pada musim semi dan musim panas serta mendapat terpaan sinar matahari selama masa kehamilannya mempunyai bayi dengan tubuh yang lebih tinggi dan tulang yang lebih kuat.

Hal ini karena sinar matahari yang mengenai kulit akan menghasilkan vitamin D. Pembentukan vitamin D inilah yang penting untuk membangun tulang saat bayi berada di dalam kandungan. Kerjasama vitamin D dengan kalsium akan meningkatkan massa tulang. 

Jadi dengan adanya hasil penelitian ini, para ibu hamil tidak perlu takut lagi terhadap isu bahwa sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, tetapi justru dengan terkena sedikit sinar matahari hangat akan memberikan manfaat untuk buah hati.

Di Indonesia mendapatkan sinar matahari bukanlah hal yang sulit sebab kita berada di negara tropis. Bila ingin terkena terpaan sinar matahari sehat untuk memperoleh pasokan vitamin D, Anda bisa berjemur atau berjalan santai di sekitar kompleks perumahan pada pukul 06.00 sampai 07.30 pagi.