Detoks Dengan Makanan Sehat

Detoks dapat kita lakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang dibuat dari bahan-bahan tertentu sesuai dengan selera kapan saja dan dimana saja. Program seperti ini akan lebih menguntungkan kalau dilaksanakan oleh orang yang rajin berpuasa. Alasannya sederhana, karena sesungguhnya puasa adalah bagian dari program detoks.

Caranya melakukan detoks dengan makanan sehat sangat mudah, cukup dengan menyiapkan makanan yang dibuat dari bahan kaya serat, mineral dan vitamin, serta terbebas dari bahan tambahan, seperti pengawet, pewarna dan penambahan rasa. Beberapa contoh detoks dengan makanan sehat antara lain:

1. Salad
Salad - Detoks Dengan Makanan Sehat

Salad bisa dibuat dari campuran sayuran seperti bayam, ketimun, bawang merah, bit, brokoli dan wortel. Hasilnya akan optimal bila menggunakan sayuran organic. Pertama cuci bersih dan siram dengan air panas apabila diperlukan, selanjutnya ditambahkan potongan telur pada bagian atas campuran. Sebagai salad dressing dapat digunakan campuran minyak zaitun, jus lemon segar, cuka dan sedikit garam dan merica.

2. Sandwich
Sandwich - Detoks Dengan Makanan Sehat

Bagi yang tidak dapat meninggalkan sandwich, cobalah membeli roti yang terbuat dari 100% gandum, olesi dengan sedikit mustard. Tambahkan irisan mentimun, daun selada, dan keju mozzarella secukupnya. Juga bisa menambahkan sedikit garam dan merica.

Alternatif lain adalah roti gandum yang dimakan dengan ikan sardine (segar atau kalengan). Dipilihnya Ikan sardine karena kaya akan mineral, kalsium, vitamin dan lemak omega 3.

3. Bubur Havermut
havermut - Detoks Dengan Makanan Sehat

Buatlah bubur havermot dari havermot asli yang tidak dicampuri bahan apapun. Untuk menambah cita rasa campurkan bubuk kayu manis dan madu, juga irisan buah segar pada bagian atas bubur. Jangan tambahkan susu atau mentega yang dibuat dari susu hewani. Kalau suka, bisa tambahkan susu kedelai.

4. Nasi Merah
nasi merah - Detoks Dengan Makanan Sehat

Agar tidak bosan, cobalah memasak nasi dari beras merah. Hidangkan dengan masakan ikan tuna (segar atau kalengan) dan kacang yang dimasak sesuai selera. Sebagai bumbu dapat ditambahkan minyak zaitun, cuka, garam dan merica.

5. Spaghetti
Spaghetti - Detoks Dengan Makanan Sehat

Detoks dapat dibuat kebih menyenangkan dengan mempersiapkan makan malam dari spaghetti dengan cara biasa, makanlah dengan saos tomat buatan sendiri yang dicampur dengan ikan segar. Tambahkan irisan kecil kentang, mentimun, daun kemangi dan tomat.

6. Makanan Kecil
Salad buah - Detoks Dengan Makanan Sehat

Khusus orang yang tidak bisa lepas dari camilan, siapkan irisan buah segar yang dicampur dengan yogurt netral secukupnya, irisan mentimun dan wortel. Camilan ini sehat dan kaya akan nutrisi.