Tips Merawat Baterai Laptop

Ristizona - Bagi anda yang memiliki latop ataupun netbook mungkin bingung bagaimana cara merawat baterai laptop atau netbook anda agar tidak mudah rusak ataupun tahan lama. Banyak orang yang memiliki masalah pada baterai yang mungkin mudah habis ataupun sudah tidak bisa digunakan lagi. Banyak faktor yang menyebabkan keadaan seperti itu terjadi misalnya kurangnya perawatan dan juga mungkin termperatur terlalu panas sehingga menyebabkan baterai lapotp ataupun netbook jadi cepat habis bahkan rusak.

Sebelumnya saya akan mengupas sedikit tentang baterai yang sekarang ini banyak digunakan oleh lapotp ataupun netbook. Jenis baterai yang sering digunakan saat ini adalah lithium-ion yang mungkin sudah banyak kita temukan pula pada peralatan elektronik lainnya seperti baterai handphone. Berbeda dengan baterai jenis NiCd, baterai Lithium-ion ini lebih tahan lama dan ramah lingkungan jika dibandingkan dengan baterai jenis NiCd yang dikenal beracun.

Bagi anda yang mungkin memiliki beberapa masalah seperti di atas berikut ini beberapa tips atau cara yang dapat anda terapkan agar baterai laptop atau notebook anda menjadi awet dan tahan lama  :

1. Jika baterai masih baru ataupun penggunaan pertama kali usahakan isi/charge baterai secara normal dan penuh.

2. Hindari overcharging yang bisa membuat baterai tidak tahan lama saat digunakan.

3. Charge baterai secara rutin dan teratur tanpa harus menunggu baterai sampai habis

4. Selalu jaga suhu baterai agar tidak terlalu panas

5. Usahakan menggunakan coolpad agar sirkulasi udara tetap lancar

6. Hindari penggunaan lama dan jika memungkinkan lepas baterai bila penggunaan lebih dari 6 jam

7. Jika tidak digunakan simpanlah baterai di tempat yang sejuk

8. Gunakan software pembantu untuk kinerja baterai laptop atau notebook anda, seperti Battery Care, HP Battery Checker, Baterry Optimizer, dll
ristizona
- 18.5.12