Trik Memotret Menggunakan iPhone



Ristizona - Bagi kamu yang hobi fotografi dengan ponsel khususnya iPhone pastinya cukup puas dengan kemampuan kamera ponsel yang satu ini. Jangan asal jepret jika kamu mengaku hobi hunting foto yang bagus sesuai dengan selera kamu. Ada beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam memotret menggunakan ponsel iPhone untuk menghasilkan jepretan sesuai dengan selera kamu :

1. Kunci fokus dan eksposure
Mengaktifkan tap dilayar akan membuat iPhone secara otomatis menentukan fokus dan exposure sendirinya. Fitur ini memang sangat membantu bagi para pengguna khususnya pemula tetapi jika terlalu banyak goyangan pada saat pengambilan gambar akan menghasilkan jepretan foto yang kurang maksimal karena ke[tika terjadi goyangan kamera akan mencari kembali fokus dan pencahayaan. Trik yang dapat kamu gunakan adalah mengunci fokus obyek, gunakan tap dan tahan hingga AE/AF Lock sampai muncul sehingga fokus dan pencahayaan tetap terkunci meskipun tangan bergoyang.


2. Gunakan headphone untuk mengambil gambar
Smartphone satu ini yang mengusung iOS 5 memang memiliki kelebihan kenyamanan pengambilan gambar dengan menekan volume up pada headphone. Dengan kelebihan fitur satu ini menjadikan headphone sebagai remote shutter kamera yang praktis. Selain itu dalam pengambilan gambar jepretan akan lebih stabil dan meminimalkan goyangan pada tangan. Penambahan alat seperti tripod akan lebih menghasilkan foto yang lebih bagus bila di kombinasikan dengan headphone.

3. Selalu gunakan grid dan sistem rule of thirds
Mengambil gambar atau foto dengan menggunakan sistem rule of thirds akan lebih mudah dilakukan jika menggunakan grid yang ada. Caranya adalah mengetap Options => Grid ON => Done.

4. Cropping
Gunakanlah fitur cropping untuk mengubah komposisi foto seperti yang kita inginkan. iPhone sudah merangkum tool cropping dalam ponsel ini. Cara penggunaannya adalah sebagai berikut  :

- Buka foto yang akan di cropping
- Lakukan Zoom dan pindahkan foto sesuai dengan selera kamu
- Untuk proses cropping screenshot tahan tombol home dan tekan tombol lock
- Selesai. Foto yang telah di crop akan muncul di sebelah foto asli