Ristizona - Akhir-akhir ini masyarakat khususnya jawa timur di hebohkan dengan serangan serangga yang sedang merajalela. Serangga tersebut adalah Tomcat, yaitu serangga beracun yang biasanya hidup di wilayah mangrove. Tomcat merupakan serangga yang memiliki racun tingkat tinggi bahkan bisa di bilang racunnya melebihi racun ular cobra. Habitat serangga Tomcat adalah daerah yang lembab seperti di sawah, semak-semak, dan pepohonan.

Racun yang dimiliki Tomcat sangat berbahaya bila terkena kulit ataupun luka karena cairan paederin yang dimiliki oleh Tomcat bisa melukai kulit dengan cepat. Kulit yang terkena Racun paederin yang dimiliki oleh Tomcat awalnya akan memiliki gejala pada kulit seperti terbakar dan gatal yang tidak berhenti. Berikut beberapa ciri kulit yang terkena racun tomcat  :
1. Kulit luar terasa gatal yang tidak ada hentinya
2. Timbul warna kemerahan pada kulit
3. Kulit akan tampak melepuh akibat adanya iritasi akibat racun paederin

Banyaknya bahaya yang di timbulkan oleh Tomcat membuat serangga ini termasuk hewan yang menakutkan yang meresahkan masyarakat. Perlu kita ketahui serangga ini suka bila ada cahaya sehingga banyak di jumpai jika Tomcat banyak masuk rumah maupun kamar. Berikut beberapa cara mengatasi serangan Tomcat  :
1. Bila menjumpai serannga Tomcat jangan di pukul ataupun di pencet karena racunnya bisa mengenai kulit, sebaiknya secara hati-hati masukkan ke dalam plastik
2. Tutup jendela dan pintu kamar sebelum menyalakan lampu karena Tomcat tertarik dengan cahaya lampu
3. Gunakan jaring kasa bila Tomcat terlalu banyak sehingga ketika kita tidur TOmcat tidak bisa mendekati kita.
4. Periksa seluruh ruangan rumah, bila menemukan Tomcat segera semprot dengan obat pembasmi serangga

Nah, cara di atas adalah cara terbaik untuk mencegah kita terkena racun Tomcat. Bila kulit kita telah terkena racun Tomcat berikut beberapa cara untuk mengobati racun Tomcat  :
1. Bila terkena racun Tomcat segera bilas dengan air sabun agar racun yang menempel pada kulit hilang
2. Jangan menggaruk bagian kulit yang terkena racun sebelum di cuci dengan air sabun karena bisa menyebar di daerah kulit lain
3. Gunakan salep Hydrocortisone (1%), salep Acyclovir (5%), salep Betametasone, antibiotik Neomycin Sulfat tiga kali sehari (harus sesuai dengan petunjuk dokter)
4. Pergilah ke dokter untuk memeriksa luka dari racun Tomcat
ristizona
- 24.3.12