Asam Urat dan Cara Pengobatannya

Apakah jempol kaki Anda sering terasa cenat-cenut disertai bengkak? Apakah nyerinya semakin bertambah parah setelah anda mengkonsumsi makanan seperti daging, makanan bersantan, jeroan, seafood, emping, makanana kaleng, dan tape? Waspadalah!! Bisa jadi yang anda rasakan adalah gejala dari rematik asam urat! jangan sepelekan asam urat! Karena asam urat tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan ginjal anda!

Rematik asam urat ditandai oleh peningkatan kadar asam urat yang terus menerus di dalam darah (hiperurikemia). Ada empat tahapan serangan asam urat, pertama yaitu tahap Asimptomatis dimana kadar asam urat tinggi tapi tidak bergejala, kedua yaitu tahap akut dimana asam urat tinggi dan bergejala, ketiga adalah tahap interkritikal dimana asam urat dianggap sudah sembuh tapi akan kambuh bila makan makanan yang tinggi purin seperti jeroan, seafood, daging, emping, makanan bersantan dan pengawet, bayam, kangkung, dan tahap yang keempat adalah tahap lanjut dimana kadar asam urat sudah sangat tinggi dan parah, yang biasanya disertai dengan adanya tofi (bengkak dan nanah). Bila keadaan ini dibiarkan akan dapat menimbulkan kecacatan sendi dan komplikasi lain seperti penyakit jantung koroner dan batu ginjal.

mengobati asam urat
gambar kristal asam urat

Tujuan utama pengobatan asam urat adalah menghentikan rasa sakit dan peradangan, mencegah serangan di masa depan, dan menghindari komplikasi (pembentukan tofi, batu ginjal, dan kerusakan sendi). Beberapa jenis obat yang biasa diberikan untuk penderita asam urat adalah: analgenik (penghilang nyeri), anti inflamasi dan Allopurinol. Tapi pengonsumsian jangka panjang obat-obat tersebut dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Itulah sebabnya perawatan menyeluruh umumnya disarankan, yang menggabungkan antara obat dan diet serta diperlukan juga adanya tambahan nutrisi yang dapat menurunkan produksi asam urat sekaligus mengeluarkannya dari tubuh kita, seperti biji seledri. Ada juga jahe yang apabila dikombinasikan dengan tanaman Boswellia serrata dan tanaman Devil's claw, akan mampu menghilangkan rasa nyeri secara perlahan tanpa menimbulkan efek nyeri pada lambung. Dan jangan lupa tambahkan asupan nutrisi untuk memberikan proteksi pada sendi anda dan memperbaiki, melumasi dan memelihara sendi darikerusakan akibat rematik pengapuran, penggunaan sendi berlebih ataupun cidera, seperti Glukosamin dan Chondrotin.

Coba konsumsi kesemua sumber nutrisi diatas secara teratur dan rasakan khasiatnya. Untuk yang belum terkena penyakit ini sebaiknya jaga kesehatan dengan cara memperhatikan asupan gizi makanan yang dikonsumsi dan berolahraga secara teratur.