5 Manfaat Olahraga Bagi Otak

Manfaat Olahraga Bagi Otak

Aktivitas fisik/olahraga dapat membantu menurunkan berta badan, karena dapat membakar banyak kalori. Banyaknya kalori yang dibakar tergantung dari frekuensi, durasi, dan intensitas latiahan yang dilakukan. Selain penurunan berat badan, olahraga juga dapat bermanfaat bagi otak kita. Daniel Landers, professor pendidikan olahraga dari Amazon State University, mengungkapkan bahwa ada lima manfaat olah raga bagi otak kita. Kelima manfaat tersebut yaitu;

  1. Meningkatkan konsentrasi, kreativitas dan kesehatan mental. Hal ini disebabkan karena olahraga dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam darah dan mempercepat aliran darah menuju otak.
  2. Membantu menunda proses penuaan. Hal ini dibuktikan Schweer (2008) dalam penelitiannya yang menyebutkan bahwa olahraga dapat menunda proses penuaan.
  3. Memperbaiki kepercayaan diri. Cedric Bryan, Ph.d, kepala bagian fisiologi olahraga American Council of Execise (ACE) menyatakan bahwa olahraga teratur juga membantu seseorang memiliki percaya diri yang lebih baik.
  4. Mengurangi stres. Olahraga dapat meningkatkan kemampuan jantung lebih cepat mengatasi stres. Untuk orang yang menderita depresi ringan dan sedang, olahraga sedikitnya 16 minggu bisa menimbulkan efek samping yang sama dengan menelan obat antidepresi.
  5. Meningkatkan hormon untuk daya tahan tubuh. Olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meski dilakukan dalam waktu yang singkat namun intensif. Aktivitas ini bisa meningkatkan hormon-hormon yang baik dalam otak seperti adrenalin, serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh.