6 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Merokok

Ada berbagai alasan seseorang untuk merokok. ada yang sengaja merokok untuk mencari efek segar  atau hanya sekedar coba-coba saja. Sebelum kamu terjerumus dan akhirnya kecanduan rokok sebaiknya  kamu perlu mengetahui beberapa hal tentang rokok ini.

1. 90% dari jumlah perokok di dunia sudah memulai kebiasaannya pada usia 19 tahun.

2. Perokok yang memulai kebiasannya pada usia 14 tahun atau lebih muda lagi punya kans terkena kanker paru-paru 15 kali lebih besar dari orang yang tidak merokok.

3. Nikotin, subtansi terbanyak dalam rokok yang membuatmu ketagihan dinyatakan oleh Ikatan Ahli Bedah Amerika mempunyai kemampuan sama dengan heroin dan cocain untuk membuatmu kecanduan. 2 atau 3 tetes nikotin murni ini sanggup menewaskanmu.

4. Pengaruh nikotin dari rokok yang dihisap tidak hanya merugikanmu tetapi pengaruhnya akan lebih buruk buat teman-teman yang bukan perokok yang berada disekitarmu (perokok pasif).

5. Selain nikotin, rokok juga mengandung bahan-bahan berbahaya antara lain DDT, karbonmonoksida, dan sejumlah kecil aseton, amoniak, methanol, sianida dll (lihat gambar).


6. Efek langsung dari merokok yaitu mata memerah dan terasa perih, rambut kering dan getas, noda-noda kuning pada gigi dan kuku tangan, risiko tinggi terkena sinus dan bisa juga terkena kejang-kejang pada kaki, hambatan sirkulasi darah pada jari-jari tangan dan kaki serta terbentuknya lingkarang hitam di bawah mata. Belum lagi gangguan akibat jangka panjang merokok yang lebih menakutkan yaitu akan meningkatkan risiko sakit jantung, kanker paru-paru, bronkitis kronis, gangguan pembuluh darah, gangguan kehamilan serta gangguan hati dan kanker pangkreas.

Tindakan Tepat
1. Kalau kamu nggak merokok ya jangan dimulai. Sebab begitu mulai merokok bakalan sulit untuk menghentikannya.

2.Kalau kamu sudah terlanjur jadi perokok, cobalah menghentikannya dengan car-cara seperti:
- Hindari segala jenis rokok, asbak, korek api.
- Habismu waktumu di tempat-tempat yang dilarang merokok
- Sebisa mungkin beri tahu teman-teman dekatmu bahwa kamu lagi niat banget menjauhi rokok dan mengharapkan dukungan mereka atas usahamu itu.