Keindahan Pantai Watu Ulo

Jika Anda sedang berkunjung ke Kota Jember, ada sebuah tempat wisata alam yang sangat bagus yang bisa Anda datangi, namanya pantai Watu Ulo. Ada kisah menarik dibalik penamaan pantai ini. Disebut Watu Ulo karena konon pada jaman dahulu kala menurut kepercayaan, ada seekor ular yang sedang bertapa di pantai itu. Setelah terkabul permohonannya maka berubahlah ular itu menjadi gundukan batu yang persis seperti bentuk ular bersisik dengan kepalanya menghadap laut sedangkan badannya berada di darat.


Disekitar watu ulo terdapat goa peninggalan Jepang, dulu pada masa penjajahan Jepang, pegunungan di sekitar watu ulo dijadikan benteng pertahanan dan pengintaian bala serdadu musuh yang menyusup ke daratan melalui pantai. Benteng jepang ini berjumlah lima buah yang tersebar di sekitar pantai.

Selain goa Jepang, di pantai Watu Ulo juga terdapat goa Lowo (kelelawar) yang dihuni ratusan ribu kelelawar. Pengunjung bisa memasuki goa dengan nyusuri dan melewati pantai berpasir. Karena tempatnya yang tersembunyi dan mempunyai kedalaman 100 meter goa ini sering dijadikan tempat bermeditasi bagi orang-orang yang percaya akan kekeramatan tempat tersebut.
Pantai alam yang unik dan adanya goa peninggalan Jepang serta goa Lowo bisa dijadikan salah satu tempat yang bisa anda kunjungi berserta keluarga di Kota Jember. Masih banyak tempat wisata di kota Jember yang bisa anda kunjungi. Pada artikel selanjutnya, saya akan menulis mengenai tempat wisata lainnya yang ada di kota Jember yang tidak kalah bagusnya dengan pantai Watu Ulo.