Tips Beribadah Haji dengan Nyaman

Ristizona - Musim haji telah tiba, banyak persiapan yang harus dilakukan oleh para calon haji untuk menunaikan salah satu rukun islam ini. Tidak hanya siap secara batin saja untuk berangkat menjalankan ibadah haji tetapi juga fisik harus sangat diperhatikan.

Banyak orang yang menunaikan ibadah haji belum siap baik secara fisik mapun rohaninya. Akibatnya ibadah haji mereka kurang nyaman. Bagi anda yang mempunyai rencana untuk menunaikan rukun islam yang terakhir ini, berikut beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda dalam menjalankan ibadah haji dengan nyaman :

1. Diharapkan anda jangan pernah membuah sampah sembarangan, merokok di sembarang tempat, meludah asal-asalan baik di jalan maupun di tempat umum karena setiap perbuatan anda merupakan sebuah ibadah

2. Selalu menggunakan masker atau penutup hidung selama beribadah karen untuk menghidari virus ataupun penyakit yang bisa menyerang tubuh kita dan mengakibatkan ibadah kita terganggu

3. Ketika kita sedang melempar jumrah, sa'i, ataupun tawaf jangan pernah mendorong orang lain agar jalan anda terbuka karena sekecil apapun perbuatan anda lakukan Allah akan membalasnya.

4. Jangan tidur ataupun duduk di depan masjid sehingga mengalangi jalan masuk dalam masjid, Nabi Muhammad pun memakruhkan duduk seperti ini

5. Bagi anda yang mungkin suka berbelanja ataupun membeli oleh-oleh, di harapkan jangan membeli barang-barang bajakan ataupun palsu. Hal ini juga merupakan sebuah ibadah.

6. Terakhir mintalah bimbingan maupun saran kepada orang yang sudah pernah berangkat haji. Carilah pengalaman sebanyak mungkin agar nanti ketika beribadah haji bisa lebih siap.

Itulah beberap tips yang mungkin bisa membantu anda. Semoga bermanfaat dan ibadah haji anda nyaman. Amin....