Penyanyi Maroko Dituduh Menjiplak Super Junior

Ristizona - Setelah merilis album teranyar mereka yang berjudul Mr. Simple, kabar tidak sedap datang dari boyband asal korea yakni Suju yang pasalnya salah satu lagu andalan mereka telah dijiplak penyanyi asal maroko. "Bonamana" judul lagu yang dianggap dijiplak oleh penyanyi Maroko sono. Lagu Bonamana sendiri pertama kali di rilis pada Mei 2010 dan menjadi single yang sangat populer pada ketika itu.

Pada halaman MySpace ditemukan sebuah lagu yang ditenggarai mirip dengan kagu Suju Bonamana. Lagu tersebut berjudul "Matal Magribi" yang dipopulerkan oleh penyanyi Maroko. Banyak orang yang menilai kalau lagu Matal Magribi sangat mirip dengan lagu Bonamana. Kebenaran berita tersebut belum diketahui dengan jelas dan benar adanya. Tetapi jika saya dengar dengan teliti memang ada kesamaan antara kedua lagu ini meskipun pembawaannya menggunakan beda bahasa, Bonamana memakai bahasa korea dan Matal Magribi menggunakan bahasa Arab.

Pihak Suju melalui label yang menaunginya SM Entertainment berkomentar bahwa lagu tersebut memang menjiplak lagu Bonamana dan sebuah aksi plagiarisme. Pihak Label pun akan segera memproses hal ini bahkan mereka siap menempuh jalur hukum.

Single Bonamana Sendiri merupakan lagu yang sangat populer bahkan sempat merajai chart tangga lagu Taiwan. Hal ini membuktikan bahwa lagu ini memang merupakan salah satu lagu andalan Super Junior.