Kita semua pasti sudah tau kan PES dan FIFA. Bagi para penggila game pastinya sudah tak mungkin asing lagi dengan game yang satu ini. Bahkan saya sendiri tidak pernah ketinggalan untuk memainkan game ini. Kedua game ini memang satu aliran tapi tidak satu guru, alias bukan satu perusahaan produksi. Pro Evolution Soccer atau yang sering disebut PES merupakan produk dari Konami sedangkan FIFA hasil karya dari EA (Electronic Arts). Banyak orang mempunyai pendapat mereka masing-masing masalah kualitas antara PES dan FIFA. Ada yang beranggapan bahwa PES lebih baik dari FIFA ataupun sebaliknya.


Akhir tahun ini keduanya akan siap merilis versi terbaru yaitu PES 2012 vs FIFA 2012. Mungkin akan membuat penasaran bagi maniak game bergenre sport ini, apakah perubahan-perubahan yang ada dalam versi terbaru ini, lbih bagus atau malah membingungkan. Memang tidak bisa bandingkan antara kedua game ini karena memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Tetapi saya pribadi lebih suka PES karena detail gameplaynya lebih bagus daripada FIFA. Mungkin anda berpendapat lain dan beranggapan FIFA lebih bagus.

Kedua game ini pun sudah merilis Trailernya untuk menarik para penggila game dan untuk memperkenalkan perubahan-perubahan apa yang sudah mereka lakukan untuk versi beru ini PES 2012 vs FIFA 2012

Pro Evolution Soccer [PES] 2012








FIFA 2012







Setelah melihat trailernya dan mengamati dari versi-versi sebelumnya, kita bisa bandingkan antara PES 2012 vs FIFA 2012. Menurut saya berikut ini perbandinannya :

Grafis Pemain
-PES lebih detail dalam menggambarkan pemainnya, mislanya : bulu dan otot para pemain sangat terlihat nyata, saya sendiri sangat menyukai detail gambar dari PES khususnya kalau sedang teriak otot lehernya sampek kelihatan.
-Fifa grafis pemainnya terlalu mulus sehingga terlihat seperti boneka dari plastik

Grafis Gameplay
-PES menurut saya kurang detail dan fokus ketika pertandingan berjalan
-Fifa memang sangat bagus dalam segi gameplaynya, pencahayaan dan detail ketika pertandingan berlangsung

Grafis Scoreboard dan Informasi Pertandingan
-PES terlalu biasa dalam dalam segi statistik pertandingan, masih terlihat jelas sedang bermain game
-Fifa sangat bagus dalam statistik, info, score, dan time pertandingan jadinya kita seperi sedang menonton tv dengan efek-efek statistik yang lbih elegan.

Game Update
-PES lebih gampang dalam mengedit atau mengupdate baik manual atau menggunakan patch. Bahkan ISL pun ada patchnya. Ini yang paling saya suka bisa bermain pakai Indonesia tercinta.
-FIFA banyak yang kuslitan untuk masalah update sehingga bagi anda yang males patch, FIFA pilihan yang sangat tepat.

Itu beberapa perbandingan dari saya, apabila dari anda punya perbandingan lain silahkan ditambahi ja.
ristizona
- 1.8.11