4 Jenis Tahu Yang Ada Di Indonesia

Sebenarnya di Indonesia banyak terdapat jenis varian tahu, namun ada 4 jenis tahu yang terkenal dan dapat dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, berikut 4 jenis tahu tersebut:

1. Tahu Kuning
Dari nama sudah bisa ditebak kalau tahu ini berwarna kuning. Warna kuning ini berasal dari kunyit. Jenis tahu ini merupakan jenis tahu yang paling banyak beredar di pasar-pasar. Jika anda menjatuhkan pilihan pada tahu ini untuk dimasak, pastikan warna kuningnya bukan dari pewarna melainkan kunyit. Cirinya, warna kuning ke arah oranye, tidak cerah dan aroma kunyitnya menonjol.
tahu kuning
jika akan mengolah tahu ini, perhatikan dahulu teksturnya, jika keras dan padat maka jangan diolah dengan teknik goreng karena tahu akan semakin liat dan keras. tetapi jika tekstur tahu sebaliknya, maka anda bebas mengolahnya untuk apa saja.


2. Tahu Sumedang

tahu sumedang
Tahu sumedang merupakan tahu yang berasal dari daerah sumedang, Jawa Barat. tahu jenis ini saat masih mentah memiliki tekstur dan warna yang sama seperti tahu putih biasa, hanya saja potongannya lebih kecil. dan ketika sudah digoreng permukaannya tampak keriting tidak halus seperti pada umumnya.


3. Tahu Sutera
tahu sutera
Sesuai namanya, tekstur tahu ini lunak dan sangat halus, karena halusnya hingga tidak nampak pori-porinya. tahu yang lebih popouler dengan sebutan tofu ini kebanyakan dijual di pasar swalayan dan supermarket dengan kemasan menyerupai es lilin.

Selain rasa asli kini banyak ditawarkan tahu sutera yang sudah diperkaya aneka bahan seperti udang dan telur. karena teksturnya yang lunak, banyak orang yang mengolah tahu ini untuk masakan sapo, wedang tahu maupun puding.

4. Tahu Pong
tahu pong
Tahu jenis ini disebut tahu pong karena jika sudah digoreng akan mengembang, dan bagian tengahnya berongga atau dalam bahasa jawanya kopong. baru setelah agak dingin tahu akan sedikit menyusut.

tahu pong memang diolah secara khusus sehingga bisa menghasilkan rongga dan ringan setelah digoreng. Tahu ini asyiknya sih dimakan hangat dan dicocol dengan aneka sambal maupun lalapan cabe rawit.