Antara Kontes Review Kliksaya, Copas dan AGC

Dewasa ini dunia maya atau yang dikenal dengan internet mengalami perkembangan yang sangat cepat, website dan blog bertambah setiap harinya dan bermunculan blogger-blogger di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berkembangnya internet ini juga mulai mengubah para blogger, blogger yang dahulu hanya sekedar curhat dan share pengalamannya sekarang mulai memanfaatkan blog pribadinya untuk mendapatkan penghasilan. Perubahan ini dikarenakan munculnya program-program advertising yang sangat membatu mereka dalam mendapatkan penghasilan melalui blog pribadinya. Program advertising yang terkenal salah satunya adalah Kliksaya.


Kliksaya.com, pengiklan dan para blogger mempunyai hubungan mutualisme yang sangat kuat karena kliksaya menjadi ‘perantara’ pengiklan dengan para blogger yang menyediakan tempat untuk menaruh iklannya. Kliksaya dan blogger akan memperoleh balas jasa dari pengiklan tersebut karena telah mempromosikan produknya di internet, pengiklan juga akan mendapat untung karena produknya dapat laku di internet. Dengan adanya hubungan yang saling menguntungkan ini, Kliksaya selalu memperhatikan partner kerjanya yaitu blogger dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik. Begitu pula sebaliknya, blogger memberikan saran dan kritik untuk Kliksaya agar dapat menjadi nomor 1 di dunia periklanan online khususnya di Indonesia.



Baru-baru ini Kliksaya mengadakan kontes review berhadiah total jutaan rupiah mengenai tampilan iklan terbarunya yaitu iklan berbentuk header. Dari kontes review tersebut saya rasa Kliksaya akan banyak mendapatkan saran dari para blogger apa saja yang harus dioptimalkan dengan bentuk ads barunya tersebut. Kontes-kontes review seperti ini akan lebih bagus jika dilakukan secara berkala semisal 1 tahun diadakan sebanyak 4-5 kali guna mengetahui bagaimana respon atau tanggapan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Kliksaya.

Manfaat dari diadakannya kontes review ini banyak sekali, disamping mengetahui respon tersebut, review-review yang menarik serta tulisan yang orisinil dari para blogger akan semakin mengenalkan Kliksaya di internet dan para pengiklan akan dengan senang hati beralih menggunakan jasa Kliksaya untuk memperkenalkan atau menjual produknya ke konsumen. Sedangkan dampak positif diadakannya kontes review bagi blogger yaitu mereka akan mendapatkan backlink dari situs Kiksaya secara langsung. Jelas ini luar biasa berharganya mengingat situs Kliksaya memiliki nilai alexa sekitar 11.000an. Selain itu para pemenang juga mendapatkan hadiah uang sebesar Rp200.000 untuk kontes review kali ini. Lumayan kan bisa buat beli domain baru :)

Salah satu syarat utama untuk mengikuti kontes review ini adalah blogger seorang pubhliser Kliksaya dan harus membuat artikel orisinil yang dibuat sendiri oleh blogger. Ngomong-ngomong tentang artikel orisinil nih, saat ini orisinalitas para blogger dalam menulis artikel sekarang cenderung menurun, hal ini karena blogger lebih senang mengcopy-paste (copas) tulisan blogger lain yang kemudian diposting ke blognya. Kepraktisan ini menjadi kontroversi di benak para blogger. Ada yang setuju dengan copy-paste dan ada yang menolak mentah-mentah kegiatan copy-paste artikel ini. Tapi saya yakin sebagian blogger yang melakukan hal ini bukan hanya sekedar mencari pengunjung sebanyak-banyaknya tapi juga ingin membagi isi artikel tersebut ke orang lain. Bukannya munafik, saya juga beberapa kali melakukan copy-paste dan menaruhnya di blog Ristizona tapi saya berusaha dengan menyertakan sumber dan linkback ke blog asal artikel tersebut. Jadi tidak asal comot artikel tanpa menyertakan sumbernya.

Lain halnya dengan copy-paste artikel, ada juga fenomena terbaru yaitu munculnya blog-blog ber-AGC (Auto Generated Content). Blog ini hanya bertujuan untuk mencari pengunjung sebanyak-banyaknya tanpa peduli isi blog tersebut bermanfaat atau tidak. Jujur saya pribadi tidak menyukai adanya blog AGC ini. Mungkin para blogger ada yang tidak sependat dengan saya. Tapi tengok, saat kita mengunjungi blog AGC melalui search engine dengan keyword tertentu, kita hanya diputar-putar dengan link yang ada disitu, saat klik satu link muncul link baru dengan judul yang hampir sama dan seterusnya tanpa pernah mendapatkan informasi yang kita inginkan. Saya juga pernah menanyakan ke beberapa teman mengenai blog AGC, dan mereka juga merasa sebal dengan blog AGC ini karena diputar-putar terus tanpa hasil.


Saya lebih menyukai blog copas (yang menyertakan sumber) dari pada blog ber-AGC karena walaupun hasil dari copy-paste namun blog tersebut tetap memberikan informasi yang kita butuhkan, sedangkan blog AGC hanya diputar-putar dan yang paling parah hanya memberi judul saja tanpa mendapat informasi apapun.

Mengenai wacana apakah blog AGC ini sebaiknya didanai oleh PPC atau tidak? Saya berpendapat kalau blog-blog seperti ini ada baiknya tidak lagi didanai oleh program PPC. Kenapa? Alasannya karena blog merupakan tempat ‘sakral’ bagi para blogger. Kita sebagai blogger berhak menulis apapun di blog kita baik cinta, musik, keluarga, hewan, berbagi tips, kesehatan dsb. Apakah pantas jika blog hanya digunakan untuk sekedar menyesatkan pengunjung dengan link-link yang tidak tahu arah tujuannya?

Oleh sebab itu, program PPC seperti Kliksaya memelopori perubahan ini dengan tidak lagi menerima blog AGC sebagai partner sehingga blog yang tidak bermanfaat bagi kita akan sedikit demi sedikit menghilang dan kembali menjadikan blogger sehat dan tulisannya bermanfaat bagi semua pihak.


dwi ristiyanto