Perayaan April Mop 2011

Mungkin sebagian besar dari Anda tidak menyadari bahwa pada tanggal 1 April selalu diperingati April Mop, hari di mana semua orang bebas untuk melakukan dosa kejahilan kepada siapapun dan orang yang bersangkutan tidak boleh tersinggung.

Kapan tepatnya April Mop dimulai?
Meskipun banyak orang di berbagai negara menipu teman-teman mereka atau orang-orang yang terkasih pada April Mop ini, namun tidak ada yang tahu tepatnya kapan dan di mana tradisi ini dimulai?
Teori yang paling luas tentang asal-usul April Mop berasal dari kalender lama Julian ke kalender Gregorian (sistem penanggalan yang sekarang digunakan) pada akhir abad ke-16. Berdasarkan kalender Julian, Tahun Baru dirayakan selama seminggu antara tanggal 25 Maret dan tanggal 1 April namun di bawah kalender Gregorian, tanggal tesebut dipindahkan ke tanggal 1 Januari. Namun bagi mereka yang tidak diberitahukan tentang perubahan ini, atau yang tetap bersih keras menjalani tradisi lama, sering diejek dengan lelucon oleh teman-teman bermain mereka sendiri ketika sistem penanggalan yang baru jatuh pada tanggal 1 Aril.
Tetapi teori tidak dapat menjelaskan mengapa tradisi mengerjaiku menyebar ke negara-negara lain di luar Eropa yang pada saat itu belum mengadopsi kalender Gregorian.
Di era modern ini, perayaan April Mop yang disiarkan di stasiun radio, program TV dan situs web telah dipersiapkan sebelumnya agar pembaca dan pendengar merasa tertipu dengan lelucon konyol yang telah dipersiapkan tadi.

Nah bagaimana jika dilihat dari islam..??
Sebagai umat muslim ini perayaan ini merupakan sebuah hari yang dilarang bahkan diharamkan karena semua orang diperbolehkan berbohong dan menipu. Dari situlah jelas-jelas bahwa perayaan itu dilarang dalam islam.

Bagaimana dengan pendapat Anda..??