Tips Supaya Anak Tidak Takut Jarum Suntik

Jarum suntik kadang menimbulkan ketakutan atau trauma tersendiri bagi anak. Selaku orangtua ada baiknya membantu agar anak tak takut dengan jarum dan memberikan penjelasan pada anak secara medis & psikologis. Orangtua harus memberikan pengertian kepada anak bahwa suntikan bukan berniat untuk menyakiti anak, tapi untuk membuatnya menjadi lebih sehat.

Pengalaman pertama disuntik tentu sangat tidak menyenangkan karena menimbulkan rasa sakit, kondisi ini membuat anak berpikir bahwa jarum identik dengan rasa sakit sehingga anak-anak akan selalu berpikir bahwa jarum suntik itu alat yang menyakitkan.

Berikut tips agar si kecil tidak takut terhadap jarum suntik:
1. Jika bayi masih menyusui, maka ibu bisa langsung menyusui sang bayi setelah disuntik untuk menenangkan.

2. Jika anak sudah besar, cobalah untuk mengalihkan perhatiannya segera setelah disuntik, misalnya saja dengan mengajak berbicara, memberinya mainan atau bernyanyi.

3. Untuk mencegah trauma jarum suntik pada anak, sebaiknya orangtua tidak perlu menakut-nakuti atau terus menerus membicarakan tentang imunisasi yang bisa membuat anak memikirkan hal-hal menyeramkan.

4. Orangtua bisa memberikan ketenangan menjelang disuntik dengan cara membuatnya merasa nyaman, senang, memegang tangannya dan mengajaknya berbicara tentang berbagai hal.

5. Setelah anak disuntik berilah ia pujian bahwa ia telah menjadi anak yang pemberani dan ia sudah menjadi anak yang sehat. Karenanya orangtua memegang peranan penting untuk membantu si kecil agar tidak takut atau trauma dengan jarum suntik.

Sumber: detikcom