Tanda-tanda Serangan Jantung

Penyakit jantung koroner adalah suatu penyakit akibat penyempitan atau tersumbatnya pembuluh darah arteri koroner, yaitu pembuluh darah yang akan mengalirkan darah dengan membawa sari makanan dan oksigen yang dibutuhkan otot jantung agar bisa berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh.

Jantung manusia akan memompa darah ke seluruh tubuh secara konstan sekitar 4-5 liter darah setiap menitnya. Oleh karena itu jika aliran darah tersebut tidak lancar dapat mengakibatkan kerusakan otot jantung yang menyebabkan gangguan pompa jantung (gagal jantung) bahkan kematian.

Pemicu serangan jantung antara lain olahraga yang berlebihan, marah yang mengeluarkan banyak emosi atau kegiatan lain yang dilakukan secara berlebihan. Penyakit ini bukan terjadi secara tiba-tiba, ada tanda terjadinya serangan jantung. Namun banyak orang yang menghiraukan tanda-tanda serangan jantung. Berikut tanda-tanda serangan jantung:
1. Rasa tertekan (serasa ditimpa beban, sakit, terjepit dan terbakar) yang menyebabkan sesak napas dan tercekik di leher. Rasa sakit ini bisa menjalar ke lengan kiri,leher dan punggung. Rasa sakitnya bisa berlangsung sekitar 15-20 menit dan terjadi secara terus menerus.

2. Timbul keringat dingin, tubuh lemah, jantung berdebar dan bahkan hingga pingsan. Rasa sakit ini bisa berkurang saat sedang istirahat, tapi akan bertambah berat jika sedang beraktivitas.

Untuk mencegah serangan jantung dapat dilakukan antara lain seperti menjaga kadar lemak darah kolesterol, menjaga tekanan darah agar terkontrol, menghindari makanan berlemak, konsumsi sayur dan buah, berolahraga teratur, mengurangi berat badan, berhenti merokok serta mengurangi stres.

Sumber: detikcom