Sosok Dibalik Situs Jejaring Sosial

Berikut ini sosok dibalik suksesnya situs jejaring sosial yang saat ini menjadi fenomena:

1. Facebook - Mark Zuckerberg
Pendiri situs jejaring sosial yang saat ini mempunyai pengguna terbanyak adalah Mark Elliot Zuckerberg. Mark lahir di White Plains,
New York, 14 Mei 1984. Mark adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Dia menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan Facebook pada saat masih kuliah di Harvad dengan bantuan teman Andrew McCollum, teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat artikel ini dibuat Mark masih menjabat sebagai CEO Facebook.

2. MySpace
MySpace diciptakan oleh Thomas Anderson, Christopher DeWolfe dan dimiliki oleh News Corporation. News Corporation adalah perusahaan publik yang dipegang oleh Rupert Murdoch. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1979 di Australia, dan pada tahun 1980 dipindahkan ke Amerika Serikat.

3. Twitter
Twitter yang berkonsep mikroblog ini dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. Twitter dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey. Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21 secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Padad bulan April 2007, Twitter menjadi
perusahaan sendiri.

4. Koprol
Koprol merupakan salah satu situs jejaring sosial lokal. Dibuat Pada bulan Juli 2008, berawal dari web 2.0 biasa,
Koprol kemudian dikembangkan oleh tim Koprol (Satya Witoelar sebagai
desain dan komunitas, Fajar Budiprasetyo sebagai
Production Director, dan Daniel Armanto sebagai
Engineering manager) Awalnya proyek jejaring sosial ini hanyalah proyek iseng yang digarap oleh ketiga orang tersebut. Tanpa disangka, sambutan yang diberikan oleh masyarakat sangat hebat. Pada Februari 2009 Koprol kemudian secara resmi diluncurkan oleh PT SkyEight Indonesia. Ide untuk Koprol ini sendiri merupakan konsep gabungan dari berbagai situs jejaring sosial yang sedang marak seperti lifestream model seperti Twitter, sistem komentar seperti Plurk, dan sistem lokasi layaknya Brightkite.