Minum Kopi Bisa Mencegah Diabetes

Science Daily - Ternyata minum kopi tidak hanya mencegah kantuk saja namun mempunyai manfaat yang lain. Minuman yang terbuat biji kopi (Coffea arabica dan Coffea canephora) ini bisa menangkal diabetes tipe 2. Ilmuwan di University of California Los Angeles, Amerika Serikat meneliti SHBG (sex hormone-binding globulin), hormon yang mengatur aktivitas testosteron dan estrogen. SHBG ini juga berperan untuk meningkatkan kekebalan terhadap diabetes. Dalam penelitian ini diketahui bahwa mengonsumsi kopi dapat meningkatkan SHBG.

Dalam penelitian terhadap 40 ribu perempuan, terbukti orang yang minum empat gelas kopi setiap hari memiliki SHBG yang lebih tinggi ketimbang bukan peminum kopi dan 56 persen lebih rendah dalam resiko terkena diabetes.

Indonesia memiliki penderita diabetes terbesar ke empat di dunia. Peringkat pertama ditempati Cina, India ke dua dan diikuti Amerika Serikat. Pada Awal dekade lalu tercatat 8,4 juta penderita diabetes di Indonesia. Angka ini diperkirakan akan naik menjadi 21,3 juta pada tahun 2030.