Cokelat Bisa Membuat Jantung Sehat

Cokelat hitam ternyata dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi cokelat dalam dosis kecil setiap harinya mampu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung hingga 40 persen. Peneliti dari Jerman melaporkan, orang yang makan sekitar 6 gram cokelat atau sekitar satu persegi empat, memiliki risiko 39 persen lebih rendah terkena stroke atau serangan jantung dibanding orang yang tidak makan cokelat. Dalam studi ini, para peneliti mengikuti riwayat kesehatan 20.000 orang selama enam tahun.

Senyawa flavonoid yang dipunyai cokelat hitam diyakini menjadi dalang dari khasiat cokelat untuk jantung. Flavonoid merupakan kelompok antioksidan yang juga ditemukan pada tanaman teh, sayuran, dan red wine. Dalam riset, 1,5 ons batang cokelat hitam memiliki 800 mg antioksidan, lebih banyak dari antioksidan di secangkir teh.

Senyawa itu dapat menetralkan efek buruk radikal bebas yang berniat menghancurkan sel-sel dan jaringan tubuh. Flavonoid juga dapat membantu otot-otot di pembuluh darah melebar sehingga aliran darah menjadi lancar.

Walaupun begitu, para ahli juga mengingatkan akan bahaya cokelat jika dikonsumsi terlalu banyak akan mengakibatkan kegemukan. Padahal, kegemukan sendiri merupakan faktor risiko masalah jantung.

Jadi makanlah cokelat secukupnya saja untuk mendapatkan manfaatnya.