Awas, Memberi Bayi Antibiotik Dapat Memicu Asma

Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh tim ahli dari Yale University, memberi antibiotik pada bayi berusia kurang dari 6 bulan dapat meningkatkan resiko bayi terkena asma. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pemberian antibiotik pada bayi berusia kurang dari 6 bulan dapat meningkatkan risiko bayi terserang asma hingga lebih dari 2/3 persen lebih tinggi.

Tim peneliti dari Yale mempelajari 1.400 anak untuk melihat apakah penggunaan antibiotik dini menyebabkan kasus asma lebih tinggi pada anak usia enam tahun. Partisipan tersebut diketahui diberikan resep obat antibiotik pada saat bayi sebelum usia enam bulan karena infeksi selain yang terkait dengan masalah dada. Partisipan juga termasuk anak-anak yang lahir dari orangtua yang tidak memiliki riwayat keluarga mengidap asma. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan risiko asma, bahkan jika anak-anak tidak pernah mengalami infeksi dada dan tidak berasal dari keluarga penderita asma. Peneliti juga mengatakan obat antibiotik yang diberikan terlalu dini dapat mengganggu keseimbangan mikroba pelindung dalam usus bayi yang membantu untuk menangkal penyakit pada tahap awal kehidupan.

Temuan ini diharapkan dapat mendorong dokter untuk menghindari penggunaan antibiotik yang tidak perlu, terutama pada anak-anak yang berisiko rendah.

Sumber: detik