5 Tumbuhan Teraneh di Dunia

1.  Baobab (Pohon Botol)
Baobab adalah nama umum dari satu genus Adansonia yang terdiri dari 8 spesies pohon, aslinya dari Madagascar. Pohon ini sering dikenal dengan sebutan pohon Botol. Pohon ini bisa menampung air sekitar 300 liter. Umur pohon ini bisa mencapai 500 tahun.



2. Dracaena cinnabari: Pohon Darah Naga
Dracaena Cinnabari atau Pohon Naga berasal dari kepulauan Socotra. Biasa disebut juga Pohon Darah Naga. Pohon ini memiliki bentuk seperti payung, hal ini yang mebuatnya aneh.



3. Amorphophallus titanum: Bunga Bangkai
Tinggi bunga ini bisa melebihi tinggi manusia. Pohon ini sering kali mengeluarkan bau bangkai sehingga sering disebut juga sebagai bunga bangkai. 


4. Rafflesia Arnoldii
Bunga ini termasuk terbesar didunia. Meskipun bentuknya cantik, tapi jangan terkecoh, bunga ini bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap. Bunga ini dapat tumbuh hingga 3 meter, tak berdaun, tak berbatang, dan memiliki sebuah lubang besar di tengah-tengah mahkota bunga yang bisa mengandung 6-7 liter air.
Tanaman ini eksotis, sangat langka, tapi warnanya kurang cantik, berbintik, namanya Rafflesia Arnoldi salah satu dari 16 spesies genus Rafflesia, bunga terbesar di dunia. 16 spesies yang diketahui dapat ditemukan hanya di Indonesia (Sumatra, Kalimantan, Jawa) dan Malaysia (Sabah, Serawak).
Rafflesia Arnoldii, belakangan dimasukkan ke dalam familiEuphorbiaceae, bisa berdiameter hingga 1 meter dengan berat mencapai 7-11 kg.
Bunganya akan mekar hanya dalam waktu 3 hari hingga seminggu saja. Saat mekar bunga ini akan mengeluarkan bau busuk yang sangat menyengat hingga di Indonesia bunga ini dinamakan bunga bangkai. Baunya yang khas mengundang serangga penyerbuk datang dan itu membuatnya dapat bergenerasi dan hanya 10-20 persen dari semaian yang akan berhasil dan dalam 9 bulan, dengan sedikit kebruntungan, akan mekar kembali





5. Welwitschia mirabilis.
Tanaman ini terdiri dari hanya dua daun dan batang dengan akar. Dua daun terus tumbuh sampai mereka menyerupai bentuk kehidupan asing. Batangnya tumbuh lebih menebal daripada meninggi, walaupun tanaman ini dapat tumbuh menjadi hampir enam kaki tinggi dan dua puluh empat kaki diameter pohonnya. Dan yang paling menakjubkan, usia hidup tanaman ini diperkirakan mencapai 400-1.500 tahun!!!