6 Efek Samping Jatuh Cinta

6 Efek Samping Jatuh Cinta



Cinta Bikin Ga Konsen
Banyak orang yang mungkin dah ngerasain hal kayak gini apalgi waktu jatuh cinta. Bawaannya pgen deket dan selalu mikirin dia. Mau ngapa-ngapain pasti kepikiran ma si dia. Nah kalau anda ngerasain seperti ini, berarti anda  sedang jatuh cinta. Coba bayangkan jika anda tidak bisa dekat dalam waktu cukup lama, apa yang anda rasakan...??pasti akan kepikiran terus ma si dia.

Kebanyakan anak muda sekarang banyak yang meremehkan cinta. Bahkan jika si dia ga sms sehari saja bakalan kepikiran terus.


Cinta bikin ketagihan
Mungkin inilah yang menjelaskan pengantin baru atau pasangan yang baru jadian lengket seperti perangko. Salah satu efek samping cinta adalah ketagihan! Menurut Helen Fisher Ph.D, seorang antropolog dari Rutgers University, jatuh cinta mengaktifkan pusat ‘kenikmatan’ di otak sehingga meningkatkan hormon dopamine yang membuat orang merasa senang.

Aktifnya hormon tersebut bisa menimbulkan perasaan ‘ketagihan’ pada seseorang.Salah satu makanan yang dapat merangsang hormon dopamine adalah cokelat. Karena itu jarang orang bisa berhenti makan cokelat pada gigitan pertama. Selain merasa bahagia, dopamine juga bisa menyegarkan mood, menambah stamina, dan meningkatkan kemampuan berkonsentrasi (pada sang kekasih).


Bercinta Membuat Awet Muda
Orang yang melakukan hubungan seks 4-5 kali seminggu terlihat 10 tahun lebih muda ketimbang mereka yang bercinta dua kali dalam seminggu. Demikian hasil penelitian yang dilakukan Rumah Sakit Royal Edinburgh, Skotlandia selama kurun waktu 10 tahun terhadap 3.500 orang. Menurut beberapa ahli ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya hal tersebut.

Ketika bercinta pria melepas hormon testosteron mereka. Pelepasan hormon tersebut membuat pria lebih mudah melakukan pembesaran otot-otot tubuh. Sedangkan pada wanita, hormon estrogen lah yang berperan. Setelah bercinta, estrogen membuat rambut dan kulit lebih halus dan berkilau.

Film Romantis Taklukan Pria
Film romantis bikin pria bosan. Hal itu ternyata tak sepenuhnya benar. Karena berdasarkan penelitian Universitas Michigan, film-film romantis macam ‘A Walk To Remember’, ‘If Only’ dan ’10 Things I Hate About You’, mampu membuat pria terlena. Dengan menonton film jenis tersebut, pria akan menghasilkan lebih dari 10 persen hormon progesteron yang ada di dalam tubuh. Hormon tersebut meningkatkan rasa cinta yang mereka miliki. Mereka jadi lebih penuh kasih dan dijamin tambah romantis.

Tebarkan Cinta Lewat Pelukan
Menurut sebuah survey terbaru, 93 persen pria yang memiliki anak berusia sekolah, dalam satu minggu paling tidak memeluk anak mereka satu kali. Dibandingkan satu dekade lalu, telah terjadi peningkatan drastis terhadap rasa cinta yang ditebarkan pria terhadap orang-orang di sekeliling mereka. Ketika menunjukkan rasa cintanya, pria mendapatkan suatu pengalaman tersendiri yang jarang didapatkannya.

Mereka juga mengalami perubahan hormon yang dahsyat. “Kami tidak hanya melihatnya pada manusia tapi juga hewan,” jelas Helen Fisher Ph.D, seorang antropolog dari Rutgers University. Saat berdekatan dengan orang yang dicintainya, seperti memeluk atau bergandengan tangan, hormon testosteron (hormon yang bisa menimbulkan rasa marah) pria akan menurun.


Rahasia hidung wanita
Para pria, jangan main-main dengan hidung wanita! Dengan hanya mencium baunya, diam-diam wanita dapat mengetahui pria mana yang bisa memberi keturunan terbaik untuknya.
“Wanita dapat mengetahui pasangan genetik yang baik untuk memiliki anak hanya lewat baunya saja,” demikian pernyataan James Kohl, ilmuwan yang turut mengarang buku ‘The Scent of Eros: Mysteries of Odor in Human Sexuality’.
Bersama beberapa ilmuwan lainnya, Kohl menemukan, wanita secara insting akan tertarik pada bau pria yang berbeda secara genetik dengannya. Yang akan membuat wanita tertarik pada pria adalah zat pheromones. Zat ini bisa dideteksi secara tidak sadar oleh penciuman wanita.