4 Kegiatan Yang Membuat Kulit Cepat Keriput

Munculnya tanda-tanda penuaan pada wajah tidak hanya karena bertambahnya usia tetapi juga bisa disebabkan dari kegiatan yang dilakukan sehari-hari, kegiatan yang tampaknya tidak berisiko justru akan membuat kulit tampak lebih tua jika terlalu sering dikerjakan. Kegiatan tersebut antara lain:

1. Tidur telungkup atau wajah menghadap perut
Hati-hati dengan posisi tidur Anda. Jika posisi tidur telungkup maka lama-kelamaan akan membuat kulit keriput. Mengapa? Karena adanya gaya gravitasi membuat aliran darah tertarik ke bawah, dan mata pun akan terlihat membengkak. Jika hal ini terjadi tiap malam, kulit bisa kehilangan elastisitas kolagen dan terbentuklah kantung mata yang membuat seseorang tampak lebih tua. Sebaiknya usahakan tidur dengan bantal yang rata. Menggunakan bantal dari bahan satin dan sutera juga bisa mengurangi risiko keriput.

2. Memakai scrub pembersih muka
Menurut DLupo, pembersih yang mengandung scrub akan membuat kulit menjadi iritasi dan terkikis. Ujung-ujungnya, kulit akan terlihat lebih tua. Sebaiknya gunakan sabun pembersih tanpa scrub, atau jika Anda punya waktu bisa menggunakan sedikit baking soda dan air hangat sebagai pembersih muka untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

3. Mandi dengan air hangat
Kebiasaan mandi dengan air hangat menyebabkan lapisan lemak yang melindungi sel-sel kulit menjadi rusak dan mengurangi kelembabannya. Tubuh memang akan mengembalikan lemak yang rusak itu beberapa jam kemudian, tapi selama lemak itu hilang, tubuh terus melepaskan kelembaban sehingga muncul gejala keriput. Sebaiknya jika mandi dengan air hangat, jangan sampai lebih dari 10 menit. Mandi dengan air hangat memang terasa sangat enak dan nyaman, namun jika kelamaan tidak baik untuk kulit.

4. Menyisir rambut setelah mandi atau mencuci muka
Biasanya setelah mandi, kebiasaan yang dilakukan setelahnya adalah menyisir rambut. Ternyata kebiasaan itu dapat merusak sel-sel kulit rambut dan membuatnya cepat rontok bahkan botak.