Tips Belanja Hemat di Supermarket / Swalayan

Kok uang tinggal segini ya? Mungkin itu pertanyaan yang umum dilontar setiap selesai berbelanja. Untuk mengindari terjadinya pemborosan setiap kali belanja ada baiknya mengikuti tips yang saya tulis ini supaya belanja bisa sehemat mungkin. Berikut tipsnya:

Buatlah daftar belanja. Selalu ikuti daftar belanja yang telah dibuat, jangan tergiur dengan diskon besar padahal barang tidak terlalu dibutuhkan. Ini membuat budget membengkak.

Pilihlah barang sesuai kebutuhan. Lihat beratnya dan compare dengan barang yang sejenis. Semisal kopi berat 50 gram dengan 80 gram, hitung harga per ons-nya dengan cara membagi. Biasanya ada produk yang lebih berat justru harga per gram lebih mahal.

Usahakan tidak belanja di akhir bulan, sebagian supermarket/swalayan sudah menaikan harga karena mengetahui sudah masa gajian, walaupun harga sudah di diskon.

Belanjalah pertengahan bulan, karena sepi pembeli maka supermarket memberi diskon untuk meningkatkan konsumen, ini diskon yang sebenarnya.

Sebaiknya tidak membeli bahan makanan segar di swalayan, biasanya harga lebih mahal dibandingkan dengan pasar tradisional

Miliki kartu member, supermarket akan memberikan diskon lebih untuk anggotanya. Jika menggunakan kartu kredit sebaiknya telah melewati tanggal cetak, sehingga transaksi akan dibayar bulan berikutnya

terakhir mengulang tips pertama, harus komit. Jangan tergiur untuk membeli barang selain di daftar belanja.

Semoga tips belanja hemat di atas bisa membantu. Sekian