Tips Sederhana Merawat Komputer

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sehubungan dengan penggunaan komputer agar lebih aman dan awet. Diantaranya sbb:

1. Sediakan UPS. Naik turunnya tegangan listrik atau bahkan mati tiba-tiba akan berdampak pada umur Power Supply, rusaknya hardisk, bahkan motherboard. Terutama hardisk, jika tiba-tiba listrik mati terjadilah kejutan yang bisa menyebabkan tergoresnya track recordingnya maka timbulah bad sector, bad sector hanya bisa dilihat jika kita check lewat scandisk, bad sector tidak bisa di isi file untuk operasional system maupun menyimpan data, sehingga akan mengurangi kapasitas hardisk itu sendiri. Fungsi UPS atau external battery sebagai pengaman bila terjadi mati listrik maka komputer tetap hidup untuk beberapa waktu, sehingga masih ada kesempatan untuk mematikan komputer sesuai prosedur.

2. Stavolt. Untuk UPS yang sudah termasuk stavolt (penstabil naik-turun tegangan) tidak bermasalah, tetapi yang tidak termasuk stavolt di dalamnya maka lebih baik disediakan stavolt tambahan sebagai stabilizer, sehingga walau tegangan listrik naik-turun pun, tidak mengganggu keamanan komputer sendiri.

3. Antivirus. Demi keamanan data serta system komputer, pastikan komputer atau notebook sudah terinstall software antivirus dan selalu update secara berkala.

4. Software Utility. Pastikan pula ada program utilities tambahan yang biasa digunakan untuk menghapus sisa registry akibat dari proses uninstall software dan juga sampah dari internet (cokies)

5. Bersihkan dari debu serta jauhkan dari air