Punya jaket kulit, tapi bingung cara merawatnya? Tenang saja, berikut beberapa cara merawat jaket kulit yang baik.

1. Jauhkan dari Deterjen. Jangan sekali-kali mencuci jaket kulit dengan menggunakan deterjen. Sebab, menggunakan deterjen justru bisa membuat kulit jaket cepat kering dan rapuh.

2. Jangan kena air. Jaket kulit paling nggak bisa terkena air, termasuk air hujan. Kalau memang terlanjur basah, sebaiknya dijemur ditempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung atau biarkan kering dengan diangin-anginkan.

3. Lotion. Jaket kulit juga perlu dirawat kelenturannya. Minimal sebulan sekali lakukan perawatan dengan menggunakan lotion. Caranya, oleskan lotion pada jaket, lalu biarkan selama satu jam. Setelah itu, bersihkan dengan lap kering yang lembut. Bisa juga gunakan semir jaket. Tujuannya menjaga jaket supaya tetap lembut dan tidak kaku.

4. Minyak goreng. Kalau jaket terkena noda, bersihkan dengan minyak goreng. Bisa juga membeli cairan yang khusus membersihkam bahan-bahan kulit. Caranya oleskan minyak goreng di atas kapas. Lalu, gunakan kapas itu untuk menggosok noda dijaket

5. Hanger. Setiap habis memakai jaket kulit, sebaiknya gantungkan dengan hanger. Jangan terlalu sering dilipat. Jaket kulit harus sering dianginkan dan disimpan ditempat dengan sirkulasi udara yang baik.

Radar jember
ristizona
- 23.5.10