Nonton Youtube Bisa Pake BIS (Tanpa Biaya Tambahan)

Trik Mensiasati Video Streaming Tanpa biasa tambahan.
Sudah menjadi rahasia umum bahwa akses internet BIS alias Blackberry Internet Servis, tidak mencakup semua kebutuhan berinternet pengguna BB. Sejumlah fungsi streaming audio dan video masih membutuhkan akses GPRS/3G biasa atau APN operator yang biayanya terpisah dari BIS.

Perlu anda tahu bahwa untuk terhubung dengan internet, ponsel kita membutuhkan satu jalur khusus untuk transaksi data. Jalur tersebut kemudian diberi identitas yang disebut APN (Access Poin Name).

Di perangkat BlackBerry akan menemukan APN utama berupa APN BlackBerry yang menjadi tulang punggung koneksi BIS (BlackBerry Internet Servise). Layanan BIS ini berbayar.

Tiap operator menetapkan harga berbeda. Dengan BIS kita bisa mengakses internet tanpa batas mulai dari browsing menggunakan blackberry browser, mendownload file, email, membuka aplikasi-aplikasi blackberry semisal facebook dan sebagainya.

Dengan APN blackberry, kita hanya membayar BIS saja.

Tapi semua fitur streaming baik musik maupun video, semisal imeem dan youtube tidak bisa menggunakan layanan BIS. Kalau memaksakan diri menonton Youtube maka pulsa akan berkurang. Ada biaya tambahan untuk akses GPRS diluar biaya BIS.

Ada beberapa trik untuk mensiasatinya. Salah satunya dengan mendownload file youtube kedalam ponsel untuk kemudian ditonton via media player. Trik ini untuk pengguna semua jenis blackberry. Dari sekian banyak situs alternatif youtube, kita bisa mencoba VUClip.

1. Buka browser blackberry.
2. Ketik alamat berikut http://www.vuclip.com ,klik enter atau go
3. Di kolom pencarian ketik nama video yang ingin anda tonton. Lalu klik enter atau search.
4. Anda akan menemukan beberapa video yang sesuai dengan kata kunci pencarian. Klik pada icon video untuk membuka halaman file secara khusus. Vuclip akan berusaha mendapatkan file tersebut. Halaman ini akan berulang kali di refresh. Jangan klik apa-apa sebelum muncul link PLAY. Biasanya ada dua pilihan high resolution dan regular.
5. Jika link play sudah muncul klik salah satu pilihan resolusi, lalu lan muncul notifikasi.
6. Pilih open untuk membuka langsung via server VUClip, atau save untuk menyimpannya di kartu memori.
7. Jika anda save, prosesnya cukup cepat yakni berkisar 28 hingga 34.5 kbps.

Sumber: majalah ponsel 163